Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terpaan Electronic Word of Mouth melalui Tech Reviewer YouTube (GadgetIn) dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Smartphone Realme 29KOM2022

Pambudi, Rohmat (2022) Pengaruh Terpaan Electronic Word of Mouth melalui Tech Reviewer YouTube (GadgetIn) dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Smartphone Realme 29KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (302kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (494kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (225kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (101kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (36kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (42kB)

Abstract

Berdasarkan survei global yang dilakukan oleh lembaga riset Nielsen dengan
28.000 responden di 56 negara termasuk Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa
rekomendasi dari konsumen yang di sampaikan secara daring, termasuk salah satu sumber
iklan yang dipercaya dengan presentase sebesar 70%.. Aktifitas tersebut salah satunya
yakni ulasan/ review smartphone seperti yang dilakukan oleh GadgetIn. Review termasuk
salah satu bentuk dari komunikasi electronic word of mouth/ eWoM yang dapat
mempengaruhi nilai jual suatu produk. Realme, perusahaan smartphone asal Tiongkok ini
mengalami penurunan dalam penjualan serta citra mereknya tidak masuk dalam jajaran 5
besar merek smartphone ternama di Indonesia.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan eWOM
melalui tech reviewer YouTube (GadgetIn) dan citra merek terhadap minat beli smartphone
Realme. Penelitian ini menggunakan Teori Tradisional Word of Mouth yang dikemukakan
oleh George Silverman untuk menjelaskan pengaruh X1 terhadap Y. Kemudian pengaruh
X2 terhadap Y dijelaskan dengan Teori Reasoned Action dari Martin Fishbein.
Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik non-probability
sampling dengan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat
Kota Semarang yang aktif menggunakan media social YouTube dan berusia 18-24 tahun.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana untuk
menguji hipotesis pertama dan kedua. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh terpaan eWOM melalui tech reviewer YouTube (GadgetIn) terhadap minat beli
smartphone Realme mempunyai signifikansi sebesar 0,000 serta nilai R Square yakni
0,257 atau 25,7%. Artinya hipotesis dapat dibuktikan serta teori traditional word of mouth
dapat teruji. Kemudian pada hipotesis kedua teruji bahwa adanya pengaruh citra merek
terhadap minat beli smartphone Realme dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai
R Square yakni 0,744 atau 74,4%. Tak hanya itu, teori reasoned acton dapat dibuktikan.
Kata kunci : youtube; electronic word of mouth; citra merek; minat beli; smartphone realme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:03
Last Modified: 30 Nov 2023 03:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18430

Actions (login required)

View Item View Item