Search for collections on Undip Repository

Krisis Komunikasi di Tingkat Organisasi : Analisis Pola Komunikasi Krisis AIESEC Cabang Semarang Pada Masa Pandemi COVID-19 27KOM2022

Kristianti, Ignatia Endra (2022) Krisis Komunikasi di Tingkat Organisasi : Analisis Pola Komunikasi Krisis AIESEC Cabang Semarang Pada Masa Pandemi COVID-19 27KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (385kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (862kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (90kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (592kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (216kB)

Abstract

Di masa pandemi, AIESEC cabang Semarang tertimpa rumor di media
sosial terkait perekrutan tahun 2020, sehingga situasi krisis komunikasi tersebut
perlu diatasi guna menjaga reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pola komunikasi krisis yang diterapkan oleh AIESEC cabang Semarang dalam
menghadapi krisis komunikasi di masa pandemi COVID-19 dengan menerapkan
metode studi kasus deskriptif, pendekatan kualitatif, dan paradigma interpretif.
Teknik yang digunakan adalah wawancara mendalam semi-terstruktur dan teknik
analisis pattern matching berdasarkan teori utama yang mencakup Integrated Crisis
Management Framework dan Situational Crisis Communication Theory.
Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun tidak berdampak
luas pada perilaku publik, namun para pemimpin AIESEC cabang Semarang tetap
melakukan evaluasi serta memperbaiki sistem komunikasi organisasi. Kesesuaian
pola komunikasi krisis tersebut dapat dilihat dari langkah-langkah preventif
organisasi yang sesuai dengan sejumlah pola terkait komunikasi krisis. Kesesuaian
pola menunjukkan organisasi ini telah menerapkan langkah evaluasi krisis secara
runtut serta meningkatkan hubungan kemitraan, peran, dan sumber daya internal.
Upaya tersebut diterapkan melalui peningkatan sistem dan alat komunikasi,
khususnya selama perekrutan, uji kelayakan program, dan penyusunan rencana
mitigasi risiko. Strategi komunikasi krisis yang diterapkan organisasi adalah
strategi bolstering message yang berfokus pada publikasi pesan positif.
Keberlanjutan komunikasi organisasi juga dipastikan melalui rutinitas kemitraan
dan pengembangan anggota yang terstandardisasi.
Simpulan hasil penelitian ini yaitu para aktivis organisasi mampu
menerapkan pola komunikasi krisis dan terlibat aktif dalam memperbaiki kualitas
komunikasi organisasi. Karena kemampuan menentukkan keputusan strategis dan
memodifikasi sistem komunikasi memegang peranan penting, maka teori dalam
penelitian ini dikembangkan dengan elemen kapabilitas interaksionisme dan tahap
inovasi. Dengan merekomendasikan perluasan media komunikasi organisasi,
penelitian ini menyatakan bahwa organisasi dapat mempertahankan reputasinya di
masa krisis dengan teroptimalisasinya sistem komunikasi yang memperkuat esensi
organisasi.

Kata Kunci: AIESEC, krisis komunikasi organisasi, Situational Crisis
Communication Theory, pola komunikasi krisis. studi kasus deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:36
Last Modified: 30 Nov 2023 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18428

Actions (login required)

View Item View Item