Sinaga, Albert Rivai (2022) Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Terpaan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen Dompet Digital Gopay 23KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (444kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (653kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (600kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (412kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (296kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (599kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
Abstract
Gopay sebagai produk dompet digital perusahaan startup decacorn Indonesia
pertama yakni Gojek sedang mengalami penurunan pada loyalitas konsumennya.
Sebelumnya, Gopay diklaim memiliki organic users terbesar dibanding
kompetitornya per kuartal I 2020. Namun, masa kejayaan Gopay ini terhenti sejak
kuartal III 2020 hingga kuartal IV 2021, di mana terjadi penurunan posisi Gopay
menjadi urutan keempat dalam market leader. Kondisi tersebut selaras dengan
kondisi Gopay yang menurun ke posisi tiga loyalitas konsumen dompet digital
pada kuartal IV 2020 dengan nilai net promotor score sebesar 27%. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan terpaan
promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen dompet digital Gopay.
Penelitian ini merupakan tipe penelitan eksplanatori. Teknik pengambilan
sampel menggunakan non probability sampling dengan objek penelitian laki-laki
dan perempuan berusia 21-34 tahun yang menggunakan dompet digital Gopay
dalam aktivitas keuangan. Pengujian dilakukan menggunakan analisis linier
sederhana. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi citra merek terhadap
loyalitas konsumen adalah 0,000(<0,01), sehingga terdapat pengaruh citra merek
terhadap loyalitas konsumen. Nilai signifikansi kualitas produk terhadap loyalitas
konsumen adalah 0,000(<0,01), sehingga terdapat pengaruh kualitas produk
terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan nilai signifikansi terpaan promosi
penjualan terhadap loyalitas konsumen adalah 0,870(>0,05), sehingga tidak
terdapat pengaruh terpaan promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen.
Kata kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Terpaan Promosi Penjualan,
Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:05 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:05 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18424 |
Actions (login required)
View Item |