Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEER PRESSURE, KELUARGA YANGMEROKOK, SIKAP PADA PERILAKU MEROKOK, DAN TERPAAN IKLAN ROKOK TERHADAP KEINGINANMEROKOK PADA REMAJA 22KOM2022

Pratama, Naafisa Maulida (2022) PENGARUH PEER PRESSURE, KELUARGA YANGMEROKOK, SIKAP PADA PERILAKU MEROKOK, DAN TERPAAN IKLAN ROKOK TERHADAP KEINGINANMEROKOK PADA REMAJA 22KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (515kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (736kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (318kB)

Abstract

Rokok merupakan benda populer untuk dikonsumsi masyarakat, terutama remaja
yang mana jumlahnya kian meningkat hingga mencapai 19,4 persen. Di sisi lain, rokok bagi
remaja memiliki dampak yang mematikan jika dibandingkan dampak perokok usia dewasa,
yakni diantaranya seperti kerusakan jaringan otak, penggumpalan darah, penurunan daya
tangkap, kesecamasan berlebih hingga depresi. Guna mendapatkan penyelesaian atas
permasalahan tersebut, maka perlu untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab remaja
merokok. Terdapat beberapa asumsi faktor yang menjadi penyebab remaja merokok, yakni
diantaranya seperti peer pressure, keluarga yang merokok, sikap pada perilaku merokok, dan
terpaan iklan rokok sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer
pressure, keluarga yang merokok, sikap pada perilaku merokok, dan terpaan iklan rokok
terhadap keinginan merokok pada remaja.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah planned behavior theory dengan
asumsi bahwa seseorang akan memiliki keinginan untuk berperilaku sesuai dengan informasi
yang diambil seseorang mengenai perilaku tersebut, baik secara langsung maupun tidak
langsung. Kemudian adapun teori yang digunakan lainnya, yakni embodied motivated
cognitive theory, yang mana menjelaskan bahwa ketika seseorang terpapar oleh iklan,
seseorang akan mencoba memahami dan menanggapi pesan yang ditampilkan di dalam iklan
sehingga seseorang kemudian memiliki keinginan untuk melakukan hal serupa yang
ditunjukan di dalam iklan. Dalam menentukan sampel, penelitian ini nmenggunakan teknik
non-probability sampling. Jumlah sampe yang diteliti sebanyak 100 orang dengan
karakteristik pelajar SMA Negeri 1 Ungaran, baik laki-laki maupun perempuan, dan
berdomisili di Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh peer
pressure, keluarga yang merokok, dan sikap pada perilaku merokok memiliki nilai
signifikansi sebesar 0,023 yang berarti bahwa variabel peer pressure, keluarga yang
merokok, dan sikap pada perilaku merokok memiliki berpengaruh terhadap keinginan
merokok pada remaja. Selanjutnya pada variabel terpaan iklan rokok nilai signifikansi yang
didapatkan sebesar 0,108 yang berarti tidak didapati pengaruh variabel terpaan iklan rokok
terhadap keinginan merokok pada remaja.

Kata Kunci: Peer Pressure, Keluarga yang Merokok, Sikap pada Perilaku Merokok,
Terpaan Iklan rokok, Keinginan Merokok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:35
Last Modified: 29 Nov 2023 08:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18417

Actions (login required)

View Item View Item