Search for collections on Undip Repository

POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK DALAM MENGAWASI ANAK MENGGUNAKAN GADGET 17KOM2022

Handayani, Ajeng Novita (2022) POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK DALAM MENGAWASI ANAK MENGGUNAKAN GADGET 17KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER .pdf - Submitted Version

Download (583kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (376kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (281kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (353kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

Gawai saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang dari anak-anak hingga orang
dewasa. Penggunaan gawai tentunya memiliki dampak positif dan negatif bagi pengguna dan hal
tersebut tergantung pada penggunaannya. Orangtua kini tidak bisa sepenuhnya untuk melarang
anak-anak menggunakan gawai karena kewajiban sebagai siswa selama pandemic covid-19
dirubah menjadi online dan mereka harus menatap layar dari pagi hari. Peran orangtua dalam
keadaan seperti ini sangatlah penting. Orangtua harus menjadi pendamping, pembimbing dan
juga menjadi ‘sahabat’ untuk menghilangkan rasa bosan pada anak yang harus berdiam diri
dirumah. Jika orangtua sibuk bisa jadi anak akan mencari hiburan melalui gawai. Penggunaan
gawai yang tidak didampingi oleh orangtua dan tidak dikontrol, anak akan bebas untuk
mengakses apapun dan akan berdampak buruk pada perkembangan anak-anak di masa yang akan
datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses
komunikasi interpersonal antara orangtua dan anak yang sudah difasilitasi gawai dan untuk
mengetahui pendampingan serta kebijakan yang diberikan oleh orangtua kepada anak mereka
tentang penggunaan gawai. Teori yang digunakan yaitu Pola Komunikasi Keluarga dan Parental
Mediation Theory. Metode penelitian yaitu menggunakan kualitatif dngan pendekatan
fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan penggunaan gawai pada anak dalam
keluarga dilakukan melalui dialog/komunikasi dan mediasi. Hal ini dilakukan untuk mengruangi
efek negatif penggunaan gawai pada anak. Seluruh keluarga informan ditemukan hasil
menggunakan pola komunikasi demokratis. Dimana orangtua dan anak-anak sangat terbuka
tentang segala hal apapun, dan anak diperbolehkan untuk mengeluarkan pendapatnya saat
berdiskusi ataupun saat membuat keputusan. Peraturan mengenai gawai yang dibuat berdasarkan
atas kesepakatan bersama supaya tidak adanya keterpaksaan saat menjalani itu. Untuk hal mediasi
kelima orangtua informan memilih menggunakan mediasi terbatas dan peraturan tersebut ada
yang dibuat hanya sebatas ucapan dan ada juga yang dibuat secara tertulis, dan ada satu orangtua
informan yang menggunakan mediasi aktif, menurutnya dengan mediasi ini hubungan anak dan
orangtua akan semakin dekat karena mediasi ini lebih mengutamakan obrolan.
Kata kunci: Pola Komunikasi Keluarga, Gawai, Mediasi, Orangtua, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:56
Last Modified: 29 Nov 2023 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item