Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN PERILAKU K3 PADA OPERATOR RUBBER TYRED GANTRY CRANE (RTGC) MANUAL DAN OTOMATIS DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG

RAFLI, MUHAMMAD (2023) PERBANDINGAN PERILAKU K3 PADA OPERATOR RUBBER TYRED GANTRY CRANE (RTGC) MANUAL DAN OTOMATIS DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO M RAFLI.pdf - Published Version

Download (490kB)

Abstract

Saat ini, sektor logistik di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang cepat dan membuat penggunaan pesawat angkat dan pesawat angkut dalam kegiatan logistik menjadi marak untuk digunakan. Penggunaan rubber tyred gantry dalam kegiatan bongkar muat memiliki potensi bahaya yang tinggi, oleh karena itu hal tersebut perlu dikontrol agar tidak menimbulkan kecelakaan kerja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku K3 pada operator rubber tyred gantry crane (RTGC) manual dan otomatis di Terminal Petikemas Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis studi komparatif observasional. Penelitian ini menggunakan pendekaran cross-sectional dengan jumlah opoulasi sebanyak 46 operator RTGC. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan lembar observasional Critical Behavior Checklist (CBC). Pengolahan data perilaku K3 yang sudah didapatkan akan diolah dnegan menggunakan uji T-test Independent untuk mengetaui perbedaan perilaku K3 pada operator RTGC manual dan otomatis. Berdasarkan hasil penelitian, operator rubber tyred gantry crane (RTGC) manual dan otomatis di Terminal Petikemas Semarang memiliki perilaku K3 dengan kategori baik berjumlah 56,5%. Terdapat perbedaan perilaku K3 pada operator rubber tyred gantry crane (RTGC) manual dan otomatis di Terminal Petikemas Semarang melalui pengujian dengan uji T-Test Independent dengan nilai signifikansi sebesar 0,049<0,050.

Kata kunci : CBC, Operator crane, Perilaku K3, Rubber tyred gantry crane

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:20
Last Modified: 29 Nov 2023 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item View Item