Yahdini, Azka Tsania (2022) POLA KOMUNIKASI KELUARGA PRASEJAHTERA DALAM PENGASUHAN PENDIDIKAN FORMAL DAN PEMAHAMAN NORMA SOSIAL ANAK 06KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (528kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (530kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (203kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (437kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (215kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (458kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi antara orang tua dan anak merupakan hal penting dalam keluarga
begitupun dengan pengasuhan orang tua. Dibutuhkan adanya kondisi ekonomi
stabil untuk mendukung komunikasi dan pengasuhan anak yang baik. Namun
tidak semua keluarga memiliki kondisi ekonomi yang stabil. Banyak anak dari
keluarga prasejahtera yang melakukan penyimpangan karena kurangnya
pengasuhan pendidikan formal dan pemahaman norma sosial dari orang tua.
Namun tidak semua anak dari keluarga prasejahtera demikian. Ada sedikit dari
mereka yang berhasil pendapatkan pendidikan dan pemahaman norma sosial yang
baik.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola komunikasi keluarga prasejahtera
dalam pola pengasuhan pendidikan formal dan pemahaman norma sosial anak
dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merujuk pada paradigma
interpretif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni indepth interview. Teori yang digunakan pada penelitian ini
yakni Teori Pola Komunikasi Keluarga, Konsep Komunikasi Non-Verbal dan
Verbal, Teori Pemeliharaan Hubungan, dan Teori Asosiasi Diferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap keluarga memiliki pola
komunikasi yang berbeda. Yakni tipe laissez-faire, konsensual, dan pluralistik.
Selain itu dalam rangka memperkuat hubungan dalam keluarga, orang tua dan
anak menerapkan diantaranya assurance, positivity, openness, sharing network,
dan sharing task Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa dalam pengasuhan
pendidikan formal dan pemahaman norma sosial, orang tua menerapkan pola
pengasuhan yang juga berbeda-beda, diantaranya uninvolved, permisif, dan
otoritatif. Dan berdasarkan pengasuhan tersebut, anak sudah dapat memahami
dengan baik mengenai pengasuhan pendidikan formal dan pemahaman norma
sosial yang diajarkan orang tuanya.
Kata kunci: Komunikasi Keluarga, Pengasuhan Anak, Pendidikan Anak,
Pemahaman Norma, Keluarga Prasejahtera
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 07:32 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 07:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18373 |
Actions (login required)
View Item |