Search for collections on Undip Repository

Strategi Komunikasi Pemasaran Biscoff Coffee & Pastry Semarang Dalam Meraih Loyalitas Pelanggan 02KOM2022

Jeremy, Richard (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Biscoff Coffee & Pastry Semarang Dalam Meraih Loyalitas Pelanggan 02KOM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis kopi dewasa ini sedang berkembang sangat pesat, dan akhirnya membuat persaingan
semakin ketat. Berbagai kedai kopi harus mulai menyasar loyalitas pelanggan dalam strategi
komunikasi pemasarannya, namun ternyata menerapkan strategi komunikasi pemasaran saja
belum cukup, seperti yang terjadi pada Biscoff Coffee & Pastry. oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi pemasaran Biscoff Coffee &
Pastry dalam meraih loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
paradigma konstruktivisme. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara
mendalam dengan narasumber yang dibagi kedalam 3 kategori, yakni: pemilik Biscoff Coffee
& Pastry, pelanggan loyal Biscoff Coffee & Pastry, dan pelanggan non-loyal Biscoff Coffee &
Pastry.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Biscoff Coffee & Pastry belum
melakukan evaluasi dalam perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang sebenarnya rutin
didiskusikan, sehingga terdapat perbedaan pemaknaan pada pesan yang ingin disampaikan,
dimana masing-masing narasumber menangkap interpretasi pesan yang berbeda, khususnya
pada citra yang ingin dibangun oleh Biscoff Coffee & Pastry. Perbedaan juga banyak
ditemukan pada pengalaman ketiga narasumber terhadap strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Biscoff Coffee & Pastry, yang dapat dilihat dengan konsep bauran pemasaran
4P menurut Kotler. Pada aspek produk (product), ketiga narasumber memiliki pengalaman
yang berbeda-beda, khususnya dalam hal produk yang ingin ditonjolkan oleh Biscoff Coffee
& Pastry, pada aspek tempat (place), meskipun ketiga narasumber sepakat bahwa Biscoff
Coffee & Pastry memang membangun suasana yang tenang dan sepi, namun pengalaman yang
dialami oleh ketiga narasumber tetap beragam. Namun ketiga narasumber sepakat khususnya
pada aspek harga (price) bahwa harga yang ditetapkan sudah sesuai dengan target pasar,
kesamaan pendapat juga ditemukan dalam hal promosi (promotion) dimana Biscoff Coffee &
Pastry masih belum maksimal dalam memanfaatkan aspek promosi dalam strategi komunikasi
pemasarannya terutama untuk media sosial Biscoff Coffee & Pastry sendiri.
Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini, bahwa perencanaan strategi
komunikasi pemasaran Biscoff Coffee & Pastry yang kurang tepat beresiko menyebabkan
pelanggan menangkap pesan yang berbeda dari pesan yang sudah dirancang. Hal ini kemudian
berlanjut pada pengalaman beragam yang dialami oleh masing-masing pelanggan, dimana
perbedaan pengalaman tersebut menjadi dasar untuk tingkat loyalitas pelanggan

Keywords:
komunikasi, bauran pemasaran, loyalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:57
Last Modified: 28 Nov 2023 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18369

Actions (login required)

View Item View Item