Search for collections on Undip Repository

Analisis Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Studi Penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus) 108PEM2022

Rosyada, Hilda Alfina (2022) Analisis Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Studi Penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus) 108PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Pemerintah mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyatnya. Negara juga
mempunyai kewajiban untuk memberikan layanan kepada masyarakat guna
memenuhi hak dan kebutuhan. Dengan itu pemerintah memberikan fasilitas
pelayanan untuk rakyat. Pelayanan publik merupakan fasilitas yang diberikan
pemerintah untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan
menganalisis bagaimana tingkat kepuasan terhadap pelayanan Kartu Tanda
Penduduk Elektonik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Kudus. Penelitian ini juga membahas upaya dalam memperbaiki pelayanan Kartu
Tanda Penduduk elektronik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Kudus. Penelitian ini menggunakan mix method. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara dan kuesioner/angket.
Masyarakat dalam menilai pelayanan publik dari kinerja aparat pemerintah dan
aspek yang lain. Dari penilaian tersebut organisasi pelayanan publik berupaya
untuk meningkatkan kualitas pelayanan guna mendapatkan kepuasan dari
masyarakat. Hasil dari penelitian ini pelayanan Kartu Tanda Penduduk elektronik
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus pada aspek
kesederhanaan, kejelasan, akurasi, kesopanan, keramahan, kedisiplinan, keamanan
dan kenyamanan, tanggungjawab, sarana dan prasarana, serta kemudahan akses
sudah baik dan sesuai, namun pada kecepatan waktu dalam pelayanan harus
ditingkatkan, karena masyarakat merasa kecepatan waktu pelayanan yang
diberikan masih rendah. Dalam upaya memperbaiki pelayanan ada inovasi berupa
program pelayanan jemput bola. Program tersebut diharapkan menjadi
mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Kata Kunci : Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:54
Last Modified: 05 Jun 2024 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18335

Actions (login required)

View Item View Item