Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) SEBAGAI PELAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO DAN KECIL BERBASIS ELEKTRONIK DI KOTA SEMARANG 95PEM2022

Munaa, Dinda Ayu Arrafi’u Nilna (2022) PELAKSANAAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) SEBAGAI PELAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO DAN KECIL BERBASIS ELEKTRONIK DI KOTA SEMARANG 95PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of 2. Bab I.pdf] Text
2. Bab I.pdf - Submitted Version

Download (840kB)
[thumbnail of 3. Bab II.pdf] Text
3. Bab II.pdf - Submitted Version

Download (367kB)
[thumbnail of 4. Bab III.pdf] Text
4. Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (220kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf] Text
6. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (435kB)
[thumbnail of 7. Lampiran.pdf] Text
7. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pelaksanaan Online Single Submission
(OSS) sebagai pelayanan perizinan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) berbasis
elektronik di Kota Semarang dari sisi pelayanan jasa menurut Pelaku Usaha Mikro
dan Kecil. Analisis menggunakan teori E-Govqual dengan dimensi yaitu Efficiency,
Reliability, Citizen Support, dan Trust, serta menggunakan Importance
Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis atribut yang menjadi kendala dan
menjadi prioritas untuk diperbaiki. Hasilnya OSS sudah dilaksanakan dengan baik,
namun masih belum dapat memenuhi harapan Pelaku UMK di Kota Semarang
dengan gap pada Efficiency sebesar -0,06, Reliability -0,19, Citizen Support sebesar
-0,25, dan Tsust sebesar -0,2, ditemukan kendala pada infrastruktur dan budaya
birokrasi dengan atribut yang merupakan prioritas untuk diperbaiki adalah
kelancaran pelayanan, kecepatan pelayanan, ketanggapan customer service,
kecepatan jawaban customer service, pengetahuan customer service, dan
kepercayaan kepada customer service.
Kata kunci : Online Single Submission, E-government, E-Services, E-Govqual, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:39
Last Modified: 05 Jun 2024 04:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item