Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 3 BOYOLALI

Sari, Gemilang Dian Permata Artika and Kristiana, Ika Febrian (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 3 BOYOLALI. Masters thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Tesis_Gemilang Dian_ 1500001214100002.pdf

Download (127kB)

Abstract

Setiap siswa mempunyai motivasi belajar yang berbeda, hal ini dikarenakan terdapat perbedaan kebutuhan (fisiologi, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri) dalam proses belajar pada masing-masing siswa. Beberapa penelitian melaporkan faktor penting yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada siswa seperti konsep diri akademik dan school well-being. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep diri akademik dan school well- being dengan motivasi belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Penelitian ini melibatkan 247 siswa SMA Negeri 3 Boyolali sebagai partisipan, dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala psikologi yang terdiri dari: 1) skala motivasi belajar (19 item; α=0,869), 2) skala konsep diri akademik (16 item; α=0,856), dan 3) skala school well-being (30 item; α=0,894). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan signifikan antara konsep diri akademik dengan motivasi belajar (rxy=0,416), 2) terdapat hubungan signifikan antara school well-being dengan motivasi belajar (rxy=0,396), dan 3) terdapat hubungan signifikan antara konsep diri akademik dan school well-being berkorelasi dengan motivasi belajar pada siswa di SMA N 3 Boyolali (Rxy=0,496, F=39,747; p<0,05), yang berarti ketika konsep diri akademik dan school well-being meningkat maka motivasi belajar meningkat. Besaran sumbangan efektif konsep diri akademik dan school well-being dengan motivasi belajar adalah 24,6%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi siswa, sekolah dan guru sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:43
Last Modified: 05 Feb 2024 01:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item