Sari, Gemilang Dian Permata Artika and Kristiana, Ika Febrian (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 3 BOYOLALI. Masters thesis, Undip.
Text
Abstrak Tesis_Gemilang Dian_ 1500001214100002.pdf Download (127kB) |
Abstract
Setiap siswa mempunyai motivasi belajar yang berbeda, hal ini dikarenakan terdapat perbedaan kebutuhan (fisiologi, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri) dalam proses belajar pada masing-masing siswa. Beberapa penelitian melaporkan faktor penting yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada siswa seperti konsep diri akademik dan school well-being. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep diri akademik dan school well- being dengan motivasi belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Penelitian ini melibatkan 247 siswa SMA Negeri 3 Boyolali sebagai partisipan, dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala psikologi yang terdiri dari: 1) skala motivasi belajar (19 item; α=0,869), 2) skala konsep diri akademik (16 item; α=0,856), dan 3) skala school well-being (30 item; α=0,894). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan signifikan antara konsep diri akademik dengan motivasi belajar (rxy=0,416), 2) terdapat hubungan signifikan antara school well-being dengan motivasi belajar (rxy=0,396), dan 3) terdapat hubungan signifikan antara konsep diri akademik dan school well-being berkorelasi dengan motivasi belajar pada siswa di SMA N 3 Boyolali (Rxy=0,496, F=39,747; p<0,05), yang berarti ketika konsep diri akademik dan school well-being meningkat maka motivasi belajar meningkat. Besaran sumbangan efektif konsep diri akademik dan school well-being dengan motivasi belajar adalah 24,6%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi siswa, sekolah dan guru sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 01:43 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:43 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18231 |
Actions (login required)
View Item |