ULUM, M. Lail Cahya (2023) PERAN MARKET ORIENTATION DAN PARTNERSHIP STRATEGY TERHADAP PERFORMANCE PADA UKM DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._T___Cover___12010121410078.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010121410078.pdf - Published Version Download (256kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010121410078.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010121410078.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010121410078.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010121410078.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual berdasarkan
competitive advantage. Competitive advantage sendiri sebagai jembatan agar dapat
meningkatkan kinerja bisnis UMKM. Secara keseluruhan terdapat 213 pemilik
UMKM maupun Manager UMKM yang terlibat pada kegiatan penelitian ini.
Metode Structural Equation Modeling (SEM) diadopsi sebagai perangkat lunak
untuk membantu dalam menguji model dan hipotesis. Structural Equation
Modeling (SEM) menganalisis 213 kuisioner. Hasil temuan dalam penelitian ini
adalah partnership tidak berpengaruh terhadap marketing capabilities, dan
marketing capabilities tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. Market orientation
berpengaruh terhadap marketing capabilities, partnership dan marketing
capabilities berpengaruh terhadap competitive advantage, dan competitive
advantage berpengaruh terhadap business performance, maka hal ini dapat
dijadikan masukan bagi para manajerial UMKM untuk dapat memperoleh manfaat
dari competitive advantage yang mereka miliki. Penolakan hipotesis memberikan
ruang bagi penelitian lebih lanjut. Kerangka sampel UMKM sektor FnB membatasi
kekuatan generalisasi konsep competitive advantage, yang kemudian
membutuhkan replikasi untuk mencapai generalisasi yang lebih luas lagi. Implikasi
teoritis dari penelitian ini berkaitan dengan penguatan penerapan resourceadvantage theory of competition dalam studi pemasaran. Ada implikasi manajerial
praktis bagi pengusaha UMKM yang ingin meningkatkan Business Performance.
Model kenseptual penelitian ini di uji pada sampel UMKM di bidang makanan dan
minuman di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market orientation, partnership, marketing capabilities, competitive advantage, business performance. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Master Program in Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 08:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18229 |
Actions (login required)
View Item |