Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Kurniasari, Ernika and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Ernika Kurniasari_15000117120037_ABSTRAK B.INDONESIA.docx

Download (14kB)

Abstract

Mahasiswa tahun pertama merupakan mahasiswa peralihan dari masa SMA ke masa perkuliahan yang rentan mengalami stress akademik. Stres akademik adalah suatu kondisi yang dialami individu ketika tekanan akademik yang dirasakannya melebihi kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai suatu target yang telah ditetapkan sehingga mengakibatkan manifestasi negative dari aspek fisiologis, kognisi, emosi, dan perilaku. Adversity intelligence merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap terbentuknya ketahanan mahasiswa. Adversity intelligence diperuntukan bagi mahasiswa agar mampu menghadapi kesulitan dan mengolah kesulitan tersebut sehingga menjadi sebuah tantangan yang berpeluang untuk diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara adversity intelligence dan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro sebanyak 385 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 200 mahasiswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Adversity Intelligence (28 item, α = .925) dan Skala Stres Akademik (31 item, α=.924). Hasil analisis data menggunakan uji Spearman’s Rho menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara adversity intelligence dengan stres akademik mahasiswa (rxy = -0,183 dan p = 0,009 ( p < 0,05)). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi adversity intelligence maka semakin rendah stres akademik mahasiswa. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat adversity intelligence maka semakin tinggi tingkat stres akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:04
Last Modified: 05 Feb 2024 03:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item