Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) Berbagai Konsentrasi Terhadap Pemutihan Gigi Ekstrakoronal

Nurbaiti, Isna and Prihatiningsih, Tyas and Fortuna, Gloria and Hardini, Nadia (2023) Pengaruh Pemberian Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) Berbagai Konsentrasi Terhadap Pemutihan Gigi Ekstrakoronal. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ISNA NURBAITI-22010219120001-KTI-ABSTRAK)
ISNA NURBAITI-22010219120001-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) berbagai konsentrasi terhadap pemutihan gigi ekstrakoronal. Metode: Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratoris dengan pretest and posttest control group design. Sebanyak 24 sampel gigi premolar rahang atas dan bawah pasca ekstraksi ortodontik yang direndam kopi selama 7 hari dan terbagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 1 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan. Perubahan warna pada sampel dapat dilihat dengan membandingkan perubahan nilai dE*ab sampel sebelum dan setelah dilakukan perendaman menggunakan ekstrak bunga kembang sepatu berbagai konsentrasi yaitu konsentrasi 30%, konsentrasi 70%, dan konsentrasi 100%. Pengukuran perubahan warna dilakukan dengan menggunakan alat spektrofotometer 2401 PC untuk mengetahui perubahan nilai dE*ab. Hasil: Uji One-Way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan perubahan warna yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perendaman ekstrak bunga kembang sepatu berbagai konsentrasi memiliki pengaruh terhadap pemutihan gigi ekstrakoronal. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa perendaman sampel menggunakan ekstrak bunga kembang sepatu berbagai konsentrasi menghasilkan perubahan yang signifikan pada sampel, dengan konsentrasi yang paling efektif dalam penelitian ini adalah konsentrasi 100%.

Kata Kunci: ekstrak bunga kembang sepatu, nilai dE*ab, perubahan warna, perendaman kopi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ekstrak bunga kembang sepatu, nilai dE*ab, perubahan warna, perendaman kopi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:08
Last Modified: 28 Dec 2023 07:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18209

Actions (login required)

View Item View Item