Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN DIKLAT TEKNIS APARATUR SIPIL NEGARA BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN WEBSITE SIP TENAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BPSDMD) PROVINSI JAWA TENGAH 24PEM2022

Putra, Ario Wicaksono (2022) PELAKSANAAN DIKLAT TEKNIS APARATUR SIPIL NEGARA BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN WEBSITE SIP TENAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BPSDMD) PROVINSI JAWA TENGAH 24PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER ARIO WICAKSONO.pdf - Submitted Version

Download (715kB)
[img] Text
BAB I Skripsi-converted.pdf - Submitted Version

Download (270kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (370kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaandiklat berbasis e-learning dengan menggunakan website SIP TENAN pada diklat teknis BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, yang dimana pelaksanaan diklat berbasis e-learning ini tergolong baru dan akan menjadi projek jangka panjang, namun belum pernah dilakukan uji kelayakan. Maka dari itu peneliti terdorong untuk menganalisis bagaiamana pelaksanaan pelatihan diklat berbasis e-learning ini dilaksanakan terkhususnya pada salah satu pelatihan yang ada pada Bidang Kompetensi Teknis BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, karena pada dasarnya e-learning yang berkualitas dan berhasil diperlukan adanya penilaian kelayakan oleh pendidik dan peserta didik yang terlibat didalamnya.
Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelatihan diklat berbasis e-learning yang menggunakan website SIP TENAN serta untuk mengetahui hambatan serta menemukan solusi dari hambatan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisis data dengan menekankan cacatan dengan deskripsi kalimat yang rinci, lengkap, mendalam yang menggambarkan situasi yang sebenarnya guna mendukung penyajian data penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan diklat berbasis e-learningmenggunakan website SIP TENAN telah diterapkan dan dilaksanakan. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat hambatan dan kendala yaitu beberapa tampilan navigasi dan khususnya tampilan forum diskusi pada webe-learning masih membingungkan peserta, web e-learning masih menggunakan 2 bahasa, jadwal pelatihan kurang sesuai , waktu pengaksesan cukup singkat, bahan tayang beberapa masih menggunakan yang lama, materi terlalu banyak, masih menggunakan materi lama, penugasan yang memberatkan peserta, penilaian penugasan dalam web e-learning oleh widyaiswara membutuhkan waktu yang lama, dan serverweb e-learning yang seringkali error, disamping itu juga ada beberapa pegawai atau penyelanggara pelatihan yang kurang paham dalam mengoperasikan media pelatihan yang ada. Dengan adanya hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pelatihan berbasis e-learning terdapat saran yang diberikan oleh peneliti antara lain seperti saat penggunaan web e-learning, perlu dijelaskan lebih detail mengenai penggunaan website SIP TENAN agar peserta lebih faham dan mudah untuk mengakses website e-learning, perlu adanya pelatihan khusus bagi para pegawai dalam mengoperasikan website e-learning SIP TENAN, disamping itu juga perlu adanya koordinasi dan sosialisasi secara detail kepada widyaiswara mengenai jadwal pelatihan dan tugas-tugas pelatihan.
Kata Kunci: Diklat, E-learning, BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:01
Last Modified: 20 Nov 2023 04:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item