Search for collections on Undip Repository

TATA KELOLA PERPARKIRAN DI KOTASEMARANG DILIHAT DARI PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE (Studi Penelitian Pada Parkir Di Wilayah Taman Indonesia Kaya) 22PEM2022

Rahmadhia, Faiz (2022) TATA KELOLA PERPARKIRAN DI KOTASEMARANG DILIHAT DARI PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE (Studi Penelitian Pada Parkir Di Wilayah Taman Indonesia Kaya) 22PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Skipsi ini berangkat dari penulis yang awalnya sempat mendapatkan mata
kuliah tata kelola pemerintahan yang baik dan membahas tentang pengelolaan dalam
aspek pemerintahan yang mengedepankan prinsip good governance. Penulis
menemukan beberapa masalah dalam pengelolaan parkir di Kota Semarang. Dalam
kasusnya temuan berada pada target retribusi yang sudah ditentukan tidak pernah
mencapai target dan mengganggu penerimaan pendapatan asli daerah jenis retribusi.
Dalam melakukan pengamatan dan penelitian, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui sistem wawancara dengan
informan yang penulis rasa dapat memberikan gambaran dan penjelasan guna
mendapatkan data yang akurat. Penelitian skripsi ini menggunakan kajian teori tata
kelola dan good governance.
Tahap proses penetapan target retribusi parkir di Kota Semarang
melibatkan banyak stakeholder. Hal ini selaras dengan prinsip good governance
akuntabilitas atau pertanggung jawaban Dinas Perhubungan dalam melakukan
pengelolaan parkir. Selanjutnya dalam prinsip transparansi, semua data tidak dibuka
secara bebas, namun jika masyarakat membutuhkan data tersebut maka Dinas
Perhubungan akan memberikannya. Dalam rekap jurnal penerimaan, seluruh
penerimaan dari retribusi parkir tertulis dan terekap dengan baik dan sesuai
dengan realita lapangan, namun tidak dalam pengelompokan satu titik parkir.
Selanjutnya dalam prinsip partisipasi, masyarakat cukup aktif dalam melakukan
evaluasi dan memberikan masukan guna terciptanya tata kelola perparkiran yang
lebih baik, namun dalam hal pembayaran retribusi parkir masih ditemukannya
masalah bahwa masyarakat enggan membayar retribusi parkir akibat pelayanan
buruk yang diberikan oleh juru parkir. Terkait dengan mangkirnya juru parkir
Taman Indonesia Kaya diakibatkan oleh penurunan pendapatan akibat pandemic
Covid-19.
Oleh karena itu diperlukannya solusi dalam pengelolaan parkir tepi jalan
umum yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi dilapangan
Kata Kunci : Tata Kelola, Parkir, Good Governance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:43
Last Modified: 20 Nov 2023 03:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item