Rahmadhia, Faiz (2022) TATA KELOLA PERPARKIRAN DI KOTASEMARANG DILIHAT DARI PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE (Studi Penelitian Pada Parkir Di Wilayah Taman Indonesia Kaya) 22PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (205kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (629kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (93kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
Abstract
Skipsi ini berangkat dari penulis yang awalnya sempat mendapatkan mata
kuliah tata kelola pemerintahan yang baik dan membahas tentang pengelolaan dalam
aspek pemerintahan yang mengedepankan prinsip good governance. Penulis
menemukan beberapa masalah dalam pengelolaan parkir di Kota Semarang. Dalam
kasusnya temuan berada pada target retribusi yang sudah ditentukan tidak pernah
mencapai target dan mengganggu penerimaan pendapatan asli daerah jenis retribusi.
Dalam melakukan pengamatan dan penelitian, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui sistem wawancara dengan
informan yang penulis rasa dapat memberikan gambaran dan penjelasan guna
mendapatkan data yang akurat. Penelitian skripsi ini menggunakan kajian teori tata
kelola dan good governance.
Tahap proses penetapan target retribusi parkir di Kota Semarang
melibatkan banyak stakeholder. Hal ini selaras dengan prinsip good governance
akuntabilitas atau pertanggung jawaban Dinas Perhubungan dalam melakukan
pengelolaan parkir. Selanjutnya dalam prinsip transparansi, semua data tidak dibuka
secara bebas, namun jika masyarakat membutuhkan data tersebut maka Dinas
Perhubungan akan memberikannya. Dalam rekap jurnal penerimaan, seluruh
penerimaan dari retribusi parkir tertulis dan terekap dengan baik dan sesuai
dengan realita lapangan, namun tidak dalam pengelompokan satu titik parkir.
Selanjutnya dalam prinsip partisipasi, masyarakat cukup aktif dalam melakukan
evaluasi dan memberikan masukan guna terciptanya tata kelola perparkiran yang
lebih baik, namun dalam hal pembayaran retribusi parkir masih ditemukannya
masalah bahwa masyarakat enggan membayar retribusi parkir akibat pelayanan
buruk yang diberikan oleh juru parkir. Terkait dengan mangkirnya juru parkir
Taman Indonesia Kaya diakibatkan oleh penurunan pendapatan akibat pandemic
Covid-19.
Oleh karena itu diperlukannya solusi dalam pengelolaan parkir tepi jalan
umum yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi dilapangan
Kata Kunci : Tata Kelola, Parkir, Good Governance
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 03:43 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:43 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18097 |
Actions (login required)
View Item |