Muhaimin, Muhammad Shindid (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN BATANG TAHUN 2020-2021 17PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (476kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (635kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (362kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (411kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
Abstract
Sebagai salah satu daerah yang telah menerapkan kebijakan Mal Pelayanan
Publik, Pemerintah Kabupaten Batang diharapkan dapat menciptakan sebuah
pelayanan publik yang lebih efisien, efektif, serta mampu meningkat indeks daya
saing global. Kebijakan yang diimplementasikan di masa pandemi Covid-19 ini tak
lantas dengan keadaan yang ada membuat Mal Pelayanan Publik Kabupaten Batang
untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan
dari beberapa prestasi dan pencapaian yang diraih pada tahun 2020-2021. Sehingga
penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan mengenai proses implementasi
suatu kebijakan yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19, serta mengidentifikasi
faktor-faktor apa saja yang menjadi pendorong keberhasilan dan penghambat dari
proses pengimplementasian kebijakan tersebut menggunakan teori Grindle yaitu
meliputi Isi Kebijakan dengan 6 (enam) indikatornya, serta dimensi Konteks
(lingkungan) Kebijakan dengan 3 (tiga) indikatornya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Informasi serta data yang didapatkan dilakukan dengan cara
menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menunjang data
penelitian, maka pada penelitian ini juga menggunakan studi literatur yang
didapatkan dari internet, jurnal, dan dokumen penting lainnya. Informan dipilih
menggunakan teknik purposive sampling serta acidental sampling yang digunakan
untuk menentukan informan dari masyarakat. Adapun teknik analisis data pada
penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses implementasi kebijakan Mal
Pelayanan Publik Kabupaten Batang pada tahun 2020-2021 sudah berjalan seperti apa
yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dari adanya respon positif yang dirasakan
oleh para pengguna jasa di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Batang, sehingga sedikit
banyaknya kebermanfaatan dari kehadiran kebijakan ini telah tepat dirasakan oleh
sasaran kebijakan yaitu masyarakat. Namun dalam prosesnya, pengimplementasi
kebijakan ini masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Hal tersebut
berkaitan dengan adanya faktor pendukung keberhasilan dan penghambat kebijakan
yang dianalisis melalui dimensi isi kebijakan dan dimensi konteks kebijakan. Untuk
mengatasinya, maka penulis merekomendasikan saran yaitu pihak implementor
kebijakan diharapkan dapat lebih masif dalam hal penyebaran informasi yang
berkaitan dengan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Batang, serta dapat mengikut
sertakan masyarakat dalam pengambilan keputusan untuk menumbuhkan nilai
demokrasi musyawarah dan mufakat.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Mal Pelayanan Publik, Faktor Pendorong
Keberhasilan dan Penghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 01:59 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 01:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18086 |
Actions (login required)
View Item |