Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2015-2021)

RISKI, Ina Alfira (2023) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2015-2021). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___1201011820021.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___1201011820021.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___1201011820021.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___1201011820021.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___1201011820021.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___1201011820021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social
responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel
moderasi. Pengungkapan corporate social responsibility diukur melalui tiga
dimensi yakni kinerja lingkungan (Environmental disclosure score), kinerja sosial
(Social disclosure score) dan tata kelola (Government disclosure score) kemudian
nilai perusahaan diukur dengan rasio price book value (PBV). Sementara
profitabilitas diproksikan melalui Return on Assets (ROA).
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2017-2021
dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling non
probability dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bloomberg.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
Partial Least Square (PLS) dengan persamaan Structural Equation Modeling
(SEM) dengan menggunakan software SMART-PLS 4.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kinerja Sosial (Social
disclosure score) mempengaruhi nilai perusahaan secara positif dan signifikan
terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, variabel Kinerja Lingkungan (Env
disclosure score) dan Tata Kelola (Governance disclosure score) berpengaruh
secara negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel Profitabilitas tidak
mampu memperkuat pengaruh antara variabel Kinerja Lingkungan (Environmental
disclosure score), Kinerja Sosial (Social disclosure score) terhadap nilai perusahaan
tetapi mampu memoderasi pengaruh Tata Kelola (Governance disclosure score)
terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Resposnibility, Kinerja Lingkungan, Kinerja Sosial, Tata Kelola, ROA, Nilai Perusahaan.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:50
Last Modified: 17 Nov 2023 07:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item