Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU UPAYA SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) PADA MAHASISWI UNIVERSITAS DIPONEGORO

AGATTA, SHAFIRA YULINA (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU UPAYA SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) PADA MAHASISWI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SHAFIRA YULINA.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Kanker payudara menempati peringkat pertama di Indonesia sebagai penyakit kanker yang mendominasi bagi perempuan sebesar 30.9%. Salah satu cara mudah, murah, dan sederhana yang dapat dilakukan untuk mengetahui lebih dulu adanya gejala atau tanda ialah dengan periksa payudara sendiri (SADARI) sebagai upaya intervensi yang dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku periksa payudara sendiri pada mahasiswi di Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dan kuesioner dengan besar sampel sebanyak 400 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Analisis pengolahan data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil analisis menggunakan uji Chi-square menunjukkan adanya hubungan antara, fakultas, pengetahuan SADARI, sikap, sikap dan perilaku keluarga serta sikap dan perilaku teman sebaya dengan perilaku periksa payudara sendiri (SADARI). Meskipun demikian, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia, tahun angkatan, riwayat penyakit kanker dalam keluarga, pengetahuan kanker payudara, akses informasi kesehatan dengan perilaku periksa payudara sendiri. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan instansi pendidikan dapat memberikan edukasi terkait kesehatan khususnya terkait kanker payudara dan periksa payudara sendiri (SADARI) sehingga dapat meningkatkan perilaku SADARI bukan hanya mahasiswa kesehatan saja, namun juga mahasiswa non kesehatan.

Kata Kunci : Pengetahuan, SADARI, Fakultas, Mahasiswi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:01
Last Modified: 17 Nov 2023 03:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18020

Actions (login required)

View Item View Item