Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS TERHADAP PEMBATASAN KEGIATAN NEGARA DI RUANG ANGKASA DARI PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL._031 HI 2023

Prasasti, Veronika and Susetyorini, Peni and Prabandari, Adya Paramita (2023) KAJIAN YURIDIS TERHADAP PEMBATASAN KEGIATAN NEGARA DI RUANG ANGKASA DARI PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL._031 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Negara-negara adidaya dengan dukungan teknologi yang mutakhir senantiasa berlomba-lomba untuk melindungi kepentingan nasional negaranya dari segala ancaman yang akan datang (selfdefensemechanism). Akan tetapi pada kenyataannya muncul ketidakseimbangan terhadap negara non spacepowers, sehingga aktivitas ruang angkasa hanya untuk memenuhi kepentingan negara spacepowersdibandingkan seluruh umat manusia. Hal inilah yang kemudian menimbulkan tendensi timbulnya berbagai kegiatan eksploitasi ruang angkasa serta implikasi kerugian bila hal tersebut dibiarkan begitu saja.
Permasalahan yang diteliti dalam penulisan hukum ini ialah mengenai analisis hukum pemanfaatan ruang angkasa oleh negara serta bagaimana pembatasan dan yurisdiksinya dalam melakukan pemanfaatan tersebut menurut hukum internasional. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Sementara itu, spesifikasi penelitian yang digunakan ialah deskriptif analitis. Dalam melakukan pengumpulan data, metode yang digunakan ialah studi kepustakaan yang merupakan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap negara memiliki hak dalam memanfaatkan dan melakukan kegiatan negaranya di ruang angkasa. Namun, dalam pemanfaatannya ruang angkasa tidak boleh dieksploitasi dan harus dengan tujuan damai. Atas dasar tersebut, setiap negara harus selalu memelihara perdamaian dan keamanan internasional dan memajukan kerjasama dan saling memahami kebutuhan masing-masing negara secara internasional sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam OuterSpaceTreaty1967.

Kata Kunci: Pembatasan Kegiatan Negara, Ruang Angkasa, Hukum Internasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:43
Last Modified: 20 Nov 2023 03:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item