Search for collections on Undip Repository

STANDAR KESELAMATAN DAN KEAMANAN PENERBANGAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM UDARA INTERNASIONAL._041 HI 2023

Kusumadewi, Puan Maharani and Roisah, Kholis and Prabandari, Adya Paramita (2023) STANDAR KESELAMATAN DAN KEAMANAN PENERBANGAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM UDARA INTERNASIONAL._041 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerbangan di setiap negara pasti memiliki sistem yang berguna untuk mempermudah perjalanan, baik jarak jauh maupun dekat. Dalam pengoperasiannya setiap bandara memperlukan manajemen keselamatan dan keamanan yang baik serta peraturan yang memadai demi menjaga kenyamanan penumpang, serta mewujudkan keselamatan dan keamanan penerbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis terkait kesesuaian dan pengaruh implementasi standar keselamatan dan keamanan penerbangan di Indonesia dengan peraturan hukum udara internasional.
Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data sekunder yang digunakan dalam penulisan hukum ini diperoleh dengan menggunakan metode studi kepustakaan, dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.
Hasil penelitian ini yakni bahwa Indonesia telah mengimplementasikan standar keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan aturan hukum udara internasional. Hal itu dapat terlihat dari implementasi terhadap Konvensi Chicago 1944 beserta ketentuan yang dibuat ICAO, Indonesia menggunakan cara delegasi dalam implementing legislation mengenaiperaturaninternasional. Sehinggaketentuan yang terdapat dalam Konvensi Chicago 1944 dan berbagai ketentuan lain dari ICAO di delegasikan dalam bentuk Undang-Undang. Sedangkan implikasi dari penerapan standar keselamatan dan keamanan penerbangan di Indonesia belum bisa berjalan secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan dalam prakteknya penerapan peraturan nasional masih banyak kendala yang terjadi seperti adanya keterbatasan dan faktor faktor penghambat menyebabkan implementasi terhadap standar tersebut masih belum berjalan lancar dan sesuai dengan standar internasional.
Kata kunci: keselamatan, keamanan,penerbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:40
Last Modified: 20 Nov 2023 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17984

Actions (login required)

View Item View Item