Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Produk Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Obyek Wisata Goa Kreo Melalui Electronic Word of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang) 133adbis2022

Sagantoro, Rio (2022) Pengaruh Kualitas Produk Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Obyek Wisata Goa Kreo Melalui Electronic Word of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang) 133adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan industri pariwisata di sejumlah daerah semakin meningkat,
khususnya di Kota Semarang. Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang
merupakan obyek wisata alam yang memiliki potensi wisata dengan
keindahan pemandangan alamnya, Goa yang berada pada tengah waduk
Jatibarang, serta satwa kera liar yang tumbuh subur yang menjadi icon pada
obyek wisata Goa Kreo Kota Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya tingkat pengunjung obyek
wisata Goa Kreo Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan
pengaruh yang diberikan oleh kualitas produk wisata dan kualitas pelayanan
terhadap minat berkunjung kembali melalui electronic word of mouth pada
obyek wisata Goa Kreo Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan
adalah explanatory research. Teknik pengambilan data menggunakan
kuesioner, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability
degan metode purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden
yang merupakan orang yang pernah berkunjung ke obyek wisata Goa Kreo
Kota Semarang. Teknik analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, uji hipotesis, direct effect, indirect effect dan Pengujian Mediasi
dengan menggunakan metode Variance Accounted Factor (VAF). Penelitian
ini menggunakan teknik analisis Partial Last Square (PLS), yang diestimasi
dengan program WarpPLS 7.0.
Hasil uji mediasi dengan Metode Variance Accounted Factro (VAF)
menyatakan bahwa variabel Electronic Word of Mouth mampu menjadi
variabel pemediasi antara Kualitas Produk Wisata terhadap Minat
Berkunjung Kembali sebesar 0.402 atau 40.2%. Sedangkan nilai VAF pada
variabel Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali sebesar
0.458 atau 45.8%.
Adapun rekomendasi untuk pengelola obyek wisata Goa Kreo Kota
Semarang diantaranya adalah dapat meningkatkan aspek-aspek yang dinilai
masih perlu dilakukan peningkatan perbaikan, seperti kondisi dari kualitas
produk wisata, kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung wisata.

Kata Kunci: Kualitas Produk Wisata, Kualitas Pelayanan, Electronic
Word of Mouth, Minat Berkunjung Kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:31
Last Modified: 15 Nov 2023 08:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17975

Actions (login required)

View Item View Item