Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI REDDOORZ DI KOTA SEMARANG 125adbis2022

Aulia, Ninda Dwiana (2022) PENGARUH HARGA DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI REDDOORZ DI KOTA SEMARANG 125adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1 COVER.pdf - Submitted Version

Download (436kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf - Submitted Version

Download (669kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf - Submitted Version

Download (288kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (55kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (182kB)
[img] Text
7 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan, salah
satunya yaitu dalam aspek bisnis. Salah satunya yaitu perusahaan RedDoorz yang
bergerak pada bidang perhotelan yang ditawarkan melalui aplikasi. Konsumen
dapat melakukan pemesanan kamar secara efisien yaitu hanya melalui aplikasi
RedDoorz. Setelah konsumen melakukan pemesanan kamar, maka akan muncul
kepuasan pelanggan dengan membandingkan hasil dengan ekspektasi. Ada
beberapa aspek yang akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dalam penelitian
ini, peneliti mencoba menyelidiki pengaruh harga dan e-service quality terhadap
kepuasan pelanggan pengguna aplikasi booking hotel. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh harga dan e-service quality terhadap kepuasan
pelanggan pada pengguna aplikasi RedDoorz di kota Semarang.

Penelitian ini termasuk dalam tipe eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif.
Sebanyak 96 orang yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang diambil dengan
menggunakan teknik noonprobability sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrument kuesioner dengan skala pengukuran Likert. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan e-service quality yang diuji secara
parsial, variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan dan variabel e-service quality memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan variabel harga dan esevice

quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda yang memiliki pengaruh
dominan yaitu pada variabel e-service quality.

Saran yang diberikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah pihak
RedDoorz memperhatikan kembali mengenai penyesuaian harga kamar agar lebih
kompetitif dengan aplikasi lainnya yang sejenis dan untuk meningkatkan e-service
quality yaitu dengan membentuk tim ahli untuk melakukan pengecekan data secara
berkala sekurang-kurangnya 1 tahun sekali untuk menghindari terjadinya
kebocoran. Selain itu, untuk penanganan tanggapan kendala kepada customer
service disarankan melalui aplikasi WhatsApp sehingga penyampaian kendala lebih
efisien.

Kata Kunci : Harga, E-service Quality, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:20
Last Modified: 15 Nov 2023 07:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17963

Actions (login required)

View Item View Item