Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN METODE OMNIBUS LAW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PASCA UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2022._064 HTN 2023

Raja Siregar, Muhammad Musa Putra and Wisnaeni, Fifiana and Ramadhan, Diastama Anggita (2023) PENERAPAN METODE OMNIBUS LAW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PASCA UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2022._064 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasca lahirnya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang merupakan dasar regulasi atas pengadopsian sistem Omnibus Law dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan di Indonesia sebagai upaya dan bentuk dari pembaharuan hukum dalam menjawab permasalahan mengenai tumpang tindihnya peraturan perundang-undangan di Indonesia serta sebagai wujud penyederhanaan regulasi hukum yang sangat majemuk sejalan dengan amanat Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 91/PUU-XIX/2021 hal tersebutlah yang melatarbelakangi penulisan hukum ini.
Rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan hukum yakni untuk melihat bagaimanakah urgensi dan bentuk pengimplementasian dari Omnibus Law dalam pembentukan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian berupa yuridis normatif dengan melakukan penelitian hukum yang berbasis pada bahan pustaka yang beririsan dengan norma peraturan perundang-undangan serta teori hukum yang relevan.
Metode Omnibus Law dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dikarenakan permasalahan tumpang tindih regulasi hukum serta over regulation yang ada di Indonesia saat ini sebagai bentuk upaya dalam menghindari adanya multitafsir dan permasalahan tujuan fungsional suatu produk hukum.
Dapat ditarik kesimpulan, bahwa keberadaan Omnibus Law menjadi bentuk dari progresifitas hukum dalam menjawab permasalahan atas kemajemukan peraturan perundang-undang di Indonesia dengan memuat materi baru, mengubah materi muatan serta mencabut peraturan perundang-undangan dengan hierarki yang sama.
Kata Kunci :Omnibus Law, Peraturan Perundang-Undangan, Pembentukan
Peraturan Perundang-Undangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:49
Last Modified: 16 Nov 2023 02:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item