HIKMAH, ANIROTUL (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DI GUDANG KOSMETIK PURWOKERTO 113adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (471kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (932kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (341kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (72kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (136kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
Abstract
Meningkatnya pertumbuhan sektor kosmetik di kuartal I tahun 2020 sesuai data
BPS, menunjukkan bahwa ketertarikan dan kebutuhan masyarakat akan kosmetik
cukup tinggi. Kosmetik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kaum wanita guna
mendukung penampilannya, salah satunya yaitu produk Wardah. Wardah diketahui
merupakan salah satu pelopor dalam industri kosmetik di Indonesia, sehingga
kualitas dan eksistensinya di masyarakat pun cukup kuat. Namun, berdasarkan dari
data penjualan produk Wardah di Gudang Kosmeik Purwokerto, diketahui bahwa
penjualan produk Wardah fluktuatif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap keputusan pembelian produk Wardah di Gudang Kosmetik
Purwokerto. Penelitian ini termasuk tipe explanatory research, teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive
sampling. Data diambil melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada 96
responden pemakai produk Wardah di Gudang Kosmetik Purwokerto. Penelitian
ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas,
koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji t dan uji F.
Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk Wardah, dengan nilai t hitung
17,218>1,98525 (t tabel) dan nilai sig 0,000. Pada variable harga, hasil menunjukan jika
harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wardah, dengan nilai
t hitung 11,639>1,98525 (t tabel). Serta kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian, dengan nilai f hitung 184,497>3,09 (F tabel). Namun,
diantara kedua variabel, variabel kualitas produk berpengaruh lebih besar
dibandingkan variabel harga, yaitu sebesar 66,2 %. Adapun saran yang dapat
diberikan yaitu hendaknya perusahaan memberikan sampel produk pada konsumen
sehingga konsumen bisa mencobanya terlebih dahulu apakah cocok atau tidak,
membuat strategi baru untuk harga agar bisa lebih dijangkau oleh seluruh lapisan
masyarakat/konsumen dengan tetap memperhatikan kualitasnya serta dengan terus
membangun strategi dalam rangka meningkatkan hubungan atau interaksi dengan
pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Produk; Harga ; Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 08:12 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 08:12 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17938 |
Actions (login required)
View Item |