Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN FUNGSI REKRUTMEN POLITIK DALAM PROSES PENGISIAN JABATAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH OLEH PARTAI GOLONGAN KARYA KABUPATEN MAGELANG. _076 HTN 2023

Dzaky, Iqbal and Hardjanto, Untung Sri and Pinilih, Sekar Anggun Gading (2023) PELAKSANAAN FUNGSI REKRUTMEN POLITIK DALAM PROSES PENGISIAN JABATAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH OLEH PARTAI GOLONGAN KARYA KABUPATEN MAGELANG. _076 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasal 11 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik j.o Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 adalah dasar hukum bagi fungsi partai politik di Indonesia. Fungsi partai politik meliputi pendidikan politik, penciptaan iklim persatuan dan kesatuan, penyerapan dan penyaluran aspirasi politik masyarakat, serta rekrutmen politik. Fokus utama penulisan hukum ini adalah mengkaji peran partai politik dalam menerapkan mekanisme rekrutmen politik yang demokratis, adil, berkesetaraan gender, dan mengidentifikasi hambatan yang timbul. Penelitian ini mengkaji mekanis merekrut menpolitik yang demokratis, adil, dan berkesetaraan gender, serta kendala yang dihadapi oleh Partai Golongan Karya Kabupaten Magelang dalam mencalonkan anggota DPRD Kabupaten Magelang 2019-2024.
Penulisan hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian dalam penulisan ini menggunakan spesifikasi penelitian secara deskriptif analitis. Data penulisan hukumbersumber dari studi pustaka yang mengacu pada peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan buku serta wawancara yang diperoleh secara langsung melalui narasumber terkait di lokasi penelitian yang telah ditentukan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa Partai Golongan Karya Kabupaten Magelang telah melaksanakan proses rekrut menpolitik secarademokratis, adil, dan memperhatikan kesetaraan gender sesuai dengan Pasal 11 ayat (1) angka (5) UU No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik j.o UU No. 2 Tahun 2011. Terbukti DPD Partai Golkar Kabupaten Magelang mampu memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30% serta melaksanakan proses rekrut menpolitik secara terbuka dan tidak menutup kemungkin anadanya calon legislatif yang dicalonkan di luarkader dan pengurus partai untuk pencalonan anggota DPRD Kabupaten Magelang tahun 2019-2024. Partai Golongan Karya Kabupaten Magelang telah melakukan prosedur rekrutmen politik secara terbuka dibuktikan dengan memberikan kesempatan bagi rakyat untuk melihat dan menilai kemampuan para calon legislatif yang bertarung dalam pemilihan umum legislatif Kabupaten Magelang 2019. Terdapa ttigakenda lapokok DPD Partai Golkar Kabupaten Magelang dalam menjalankan fungsirekrutmen politik, yaitu penjaringan bakal calon legislatif
perempuan, penentuan nomorurut calon legislatif, dan kemampuan finansial kader dalam proses pencalonan legislatif.

Kata Kunci: Partai Golkar, Fungsi Partai Politik, Rekrutmen Politik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:35
Last Modified: 16 Nov 2023 02:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17904

Actions (login required)

View Item View Item