Search for collections on Undip Repository

TUGAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA SEMARANG DALAM PELAKSANAAN E-PARKIR DI TEPI JALAN UMUM BERDASARKAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 70 TAHUN 2021 TENTANG PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM._080 HTN 2023

Alifian, Anandito and Diamantina, Amalia and Hardjanto, Untung Sri (2023) TUGAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA SEMARANG DALAM PELAKSANAAN E-PARKIR DI TEPI JALAN UMUM BERDASARKAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 70 TAHUN 2021 TENTANG PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM._080 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berangkat dari Pasal 386 Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang berbunyi “Dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pemerintah Daerah dapat melakukan inovasi”. Berdasarkan pasal tersebut Pemerintah Kota Semarang melakukan inovasi ditengah berjalannya Pandemi Covid-19 dengan menerbitkan Peraturan Walikota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 tentang Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dengan tujuan untuk mengurangi interaksi ataupun transaksi secara tunai dengan harapan dapat mengurangi penyebaran atau penularan Covid-19. Selain itu mengingat fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyaknya juru parkir liar yang melakukan pengelolaan dan penarikan parkir di tepi jalan umum kepada masyarakat merupakan suatu pelanggaran terhadap amanat dari Peraturan Walikota diatas, serta merugikan masyarakat sebagai pengguna jasa parkir dalam hal pembayaran yang melebihi tarif seharusnya serta tidak adanya jaminan kemanan, sekaligus merugikan Pemerintah Kota Semarang dalam hal hilangnya potensi penerimaan retribusi parkir sebagai salah satu sumber PAD.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan parkir elektronik berdasarkan Peraturan Walikota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 tentang Pelayan Parkir di Tepi Jalan Umum, serta mengetahui faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan parkir elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatifyang dilakukan dengan pendekatan dari segi perundang-undangan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan wawancara kepada Bapak Gama Ekawira Agra Nugraha selaku Kasie Perijinandan Penataan Parkir, Hendri Apriantoselaku kasie Pendataan, dan Bapak Arga Saputra selaku Staff Bidang Parkir. Pelaksanaan sistem e-parking di Kota Semarang sesuai dengan Peraturan Walikota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 tentang Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dilaksanakan dan dikendalikan oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Perhubungan Kota Semarang yang salah satunya adalah melaksanakan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum serta pengelolaan teknis urusan parkir. Dengan ada kebijakan baru mengenai parkir elektronik ini terdapat berbagai hambatan yang dilalui oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang, diantaranya: adanya resistensi dari jukir ataupun masyarakat, kurangnya pengetahuan jukir dan masyarakat akan parkir elektronik. Dengan adanya permasalahan tersebut Dinas Perhubungan melakukan berbagai upaya, diantaranya dengan memberikan pelatihan ke juru parkir dalam hal penggunaan aplikasi serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pelaksanaan parkir elektronik.

Kata Kunci:Pendapatan Asli Daerah, Parkir Elektronik, Dinas Perhubungan Kota Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:33
Last Modified: 16 Nov 2023 02:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17896

Actions (login required)

View Item View Item