Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PENGELOLA KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG MENURUT PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG PEMBENTUKAN, SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA BADAN PENGELOLA KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG. _054 HTN 2023

DAMAYANTI, FITRIANA SASHA and Diamantina, Amalia and Hardjanto, Untung Sri (2023) PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PENGELOLA KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG MENURUT PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG PEMBENTUKAN, SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA BADAN PENGELOLA KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG. _054 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Lama Semarang merupakan salah satubangunanbersejarah di Kota Semarang yang memilikikarakteristikberupaarsitekturgedungbergayakhasEropa. Namunkeberadaan Kota Lama Semarang saatitutidakterawat. Pemerintah Kota Semarang berupayamenghidupkankembali Kota Lama Semarang. Selainitu juga dalamrangkamelindunginbangunan-bangunankuno yang ada di Kota Lama Semarang. Yang selanjutnyaditindaklanjutidenganpembentukan Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) denganditerbitkannyaPeraturanWalikota Semarang Nomor 12 Tahun 2007. Oleh karenaitu, Penelitianinibermaksuduntukmengkaji dan menganalisispelaksanaanpengelolaan dan pengembangan Kota Lama Semarang terkait dengan kegiatan ekonomi dan sosial serta budaya dan pariwisata.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian yang digunakan bersifat deskripti fanalisis. Hasil penelitian berupa penggambaran melalui uraian. Pada penelitian ini sumber data yang digunakan adalah bahan hukum sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan didukung dengan wawancara. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan mengolah data dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPK2L selaku lembaga non struktural telah melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Kota Lama Semarang dengan baik melalui kerjasama dengan stake holder lain. Pelaksanaan pengelolaan dan pengembangan Kota Lama Semarang dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Berbagai cara dilakukan oleh BPK2L bersama dengan Pemerintah Kota Semarang untukmenghidupkankembali Kota Lama Semarang. Mulai dari melakukan revitalisasi dan konservasi serta alih fungsi bangunan-bangunan, penyediaan fasilitas umum bagi wisatawan, penyediaan sarana edukasi budaya, dan menyelenggarakan berbagai event yang berbasis kebudayaan dan pariwisata. Melalui pengelolaan dan pengembangan tersebut memberikan manfaat di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah BPK2L diharapkan meningkatkan pegawasan dan pengendalian pengelolaan Kota Lama Semarang dan meningkatkan penyediaan fasilitas umum. Selain itu BPK2L diharapkan lebih aktif dalam upaya pengenalan spot-spot wisata serta diharapkan lebih aktif mengadakan event yang berbasis budaya dan pariwisata.
Kata Kunci : BPK2L; Kota Lama Semarang; Pengelolaan dan Pengembangan Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Pariwisata
KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:53
Last Modified: 08 Nov 2023 00:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17808

Actions (login required)

View Item View Item