Search for collections on Undip Repository

UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN BAGI PETAMBAK GARAM KECIL DI KABUPATEN REMBANG. _061 HTN 2023

Sumenik, Sumenik and Soemarmi, Amiek and Pinilih, Sekar Anggun Gading (2023) UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN BAGI PETAMBAK GARAM KECIL DI KABUPATEN REMBANG. _061 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Garam merupakan komoditas strategis sebagai pemenuhan bahan baku industri dan bahan pangan masyarakat. Kabupaten Rembang menjadi salah satu daerah sentra garam di wilayah Jawa Tengah. Mayoritas masyarakat pesisir Kabupaten Rembang memiliki mata pencaharian sebagai petambak garam kecil. Permasalahan akses permodalan, dampak perubahan cuaca yang tidak menentu, dan sarana prasarana produksi garam yang belum memadai menjadi faktor menurunnya kualitas produksi garam dan mempengaruhi tingkat kesejahteraan petambak garam kecil. Petambak garam kecil perlu mendapat perlindungan dari resiko usaha pergaraman dalam hal ini pemerintah daerah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah siapa saja yang dimaksud petambak garam kecil di Kabupaten Rembang ? serta apa saja bentuk-bentuk perlindungan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada petambak garam kecil di Kabupaten Rembang ?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, yaitu penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara menelaah bahan-bahan pustaka. Spesifikasi penelitian dalam penulisan ini yakni deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif didukung logika berfikir seccara deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa petambak garam kecil di Kabupaten Rembang adalah petambak yang memproduksi garam pada lahannya sendiri dengan rata-rata luas lahan dari 0,5 hektar sampai dengan 4 hektar yang diperoleh secara turun temurun maupun pembelian lahan, maka berlakunya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak garam Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang memberikan perlindungan bagi petambak garam kecil seperti penyediaan sarana dan prasarana produksi pergaraman, jaminan kepastian usaha, jaminan atas resiko usaha pergaraman, penghapusan praktik ekonomi biaya tinggi, jaminan keamanan dan keselamatan serta fasilitasi dan bantuan hukum yang implementasinya berupa pembangunan gudang garam nasional, bantuan alat produksi usaha pergaraman, pendirian koperasi garam, penyaluran kredit usaha rakyat melalui lembaga keuangan, dan penghapusan pajak atau retribusi bagi petambak garam kecil.
Perlu diakui bahwa perlindungan yang diberikan kepada petambak garam Kabupaten Rembang belum maksimal, sebab hingga saat ini Kabupaten Rembang belum memiliki Peraturan Daerah yang secara tegas mengatur perlindungan petambak garam di Kabupaten Rembang. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang harus berupaya membuat peraturan daerah yang mengatur mengenai perlindungan dan pemberdayaan petambak garam.

Kata Kunci :Perlindungan, Petambak Garam Kecil, Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:01
Last Modified: 08 Nov 2023 01:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item View Item