Search for collections on Undip Repository

Hubungan Ketahanan Pangan Rumah Tangga dan Kualitas Diet dengan Status Gizi Ibu Hamil

Putri Arasy, Mutiara and Fithra Dieny, Fillah and Sandi Wijayanti, Hartanti and Tri Susilo, Mursid Hubungan Ketahanan Pangan Rumah Tangga dan Kualitas Diet dengan Status Gizi Ibu Hamil. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Mutiara putri.pdf

Download (235kB)

Abstract

Latar Belakang: Sudah banyak faktor yang diketahui memengaruhi status gizi ibu hamil, tetapi ketahanan pangan rumah tangga dan kualitas diet masih jarang diteliti di Indonesia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara ketahanan pangan rumah tangga dan kualitas diet dengan status gizi ibu hamil.

Metode: Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan 52 subjek ibu hamil yang dipilih menggunakan Two Stage Cluster Random Sampling dari wilayah Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Status gizi dievaluasi menggunakan lingkar lengan atas (LiLA) dan kenaikan berat badan selama kehamilan. Ketahanan pangan dan kualitas diet diukur menggunakan Household Food Insecurity Access Scale (HFIAS) dan Indonesian Adapted Alternate Healthy Eating Index for Pregnancy (AHEI-P adapted). Analisis statistik menggunakan uji chi-square, regresi logistik biner, dan regresi logistik multinomial.

Hasil: 25% subjek memiliki LiLA berisiko KEK, 44,2% dan 32,7% memiliki kenaikan berat badan kurang dan lebih dari rekomendasi. Rawan pangan ringan terjadi pada 50% subjek dan 34,6% memiliki kualitas diet buruk. Setelah dikontrol oleh faktor perancu, ketahanan pangan tidak signifikan berhubungan dengan LiLA maupun kenaikan berat badan selama kehamilan (p>0,05). Sementara, kualitas diet baik secara signifikan berhubungan dengan risiko kenaikan berat badan kurang yang lebih rendah (AOR=0,06; 95%CI:0,01–0,59).

Simpulan: Ketahanan pangan tidak berhubungan signifikan dengan status gizi ibu hamil, sementara kualitas diet berhubungan signifikan.

Kata Kunci: kehamilan, ketahanan pangan, kualitas diet, LiLA, kenaikan berat badan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:01
Last Modified: 07 Nov 2023 02:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17790

Actions (login required)

View Item View Item