Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Sub Sektor Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022 )

Damayanti, Nola Rosa (2023) PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Sub Sektor Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022 ). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Nola Rosa Damayanti_cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
S_Nola Rosa Damayanti_bab 1.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
S_Nola Rosa Damayanti_dapus.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara sistematis untuk menguji pengaruh yang ditimbulkan oleh modal kerja, intellectual capital, leverage dan likuiditas terhadap profitabilitas perusahaan. Pentingnya profitabilitas bagi perusahaan yaitu untuk mengetahui besarnya tingkatan laba yang diperoleh perusahaan dalam satu periode. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Puspita (2018) yang meneliti tentang Pengaruh perputaran modal kerja, ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2022. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor perdagangan eceran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah regresi linier berganda. Hasil uji asumsi klasik telah menunjukkan bahwa data normal sehingga analisis regresi dapat dilakukan dengan layak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, intellectual capital berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Nilai Adjusted R square dalam penelitian ini sebesar 83,5%

Kata Kunci : Modal kerja, intellectual capital, leverage, likuiditas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Working capital, intellectual capital, leverage, liquidity
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:24
Last Modified: 06 Nov 2023 04:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item