Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TENTANG PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI INDONESIA. _054 Acara 2023

Kalangie, Valda Leony and Sukinta, Sukinta and Cahyaningtyas, Irma (2023) TINJAUAN TENTANG PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI INDONESIA. _054 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tindak pidana pencurian ialahtindak pidana yang sangat mudah diperbuat dan menimbulkan kerugian bagi banyak orang, tidak menutup kemungkinan seorang anak pun dapat melakukan hal tersebut. Hal itu dapat membuat anak disebut pelaku tindak pidana dan oleh karena itu perlu dibuktikan kebenaran perbuatannya. Topik permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu untuk membahas mengenai kedudukan Anak sebagai pelaku tindak pidana dalam proses pemeriksaan pembuktian di pengadilan dan menganalisis proses pembuktian tindak pidana pencurian yang dilakukan Anak dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini ialah metode pendekatan yuridis normatif dengan memakai spesifikasi penelitian yang berdasar atas deskriptif analitis. Penulis menggunakan data sekunder serta data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memakai studi kepustakaan dan untuk teknik analisis data digunakan pendekatan secara kualitatif dengan menggali informasi penting penelitian.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa kedudukan anak sebagai pelaku tindak pidana dalam proses pemeriksaan pembuktian di pengadilan ialah sebagai Anak yang Berkonflik dengan Hukum dan pembuktian bagi Anak didasarkan atas ketentuan di dalam undang-undang sistem peradilan pidana anak dan mengikuti prosedur pembuktian dalam kitab undang-undang hukum acara pidana.

Kata Kunci: Pembuktian; Pencurian; Anak; Sistem Peradilan Pidana Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:39
Last Modified: 08 Nov 2023 02:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item View Item