Search for collections on Undip Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL MENGHADAPI PERSALINAN PERTAMA DI KECAMATAN TRUCUK, KABUPATEN KLATEN

RATNASARI, LINDA (2023) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL MENGHADAPI PERSALINAN PERTAMA DI KECAMATAN TRUCUK, KABUPATEN KLATEN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LINDA RATNA.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Kehamilan yang pertama merupakan suatu pengalaman baru yang dapat menimbulkan kecemasan bagi seorang ibu. Tercatat di Indonesia sebesar 28,7% ibu hamil mengalami kecemasan dalam menghadapi persalinan. Kecemasan berlebih dapat mengakibatkan komplikasi bahkan kematian bagi ibu maupun janin. Dilaporkan terjadi peningkatan AKI sejumlah 4.627 kasus menjadi 7.389 ditahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan pertama di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif dan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 ibu pertama yang bertempat tinggal di Kecamatan Trucuk. Pemilihan sampel menggunakan perhitungan rumus lemeshow dengan teknik purposive sampling menggunakan kriteria inklusi ibu primigravida yang belum menjalani persalinan hingga bulan Juli 2023, bertempat tinggal di Kecamatan Trucuk sejumlah 100 sampel. Instrumen penelitian yaitu kuesioner melalui metode wawancara dimulai pada bulan Juni – Juli 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status ekonomi (p value: 0,005), pelayanan ANC (p value: 0,000), dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil (p value: 0,035) dan tidak ada hubungan antara usia (p value: 0,536), pendidikan (p value: 0,461), pekerjaan (p value: 0,722) dengan tingkat kecemasan ibu hamil. Kesimpulan yang didapatkan ialah status ekonomi, pelayanan antenatal care, dan dukungan suami merupakan faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan pertama di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten untuk itu disarankan kepada petugas kesehatan memberikan pendidikan kesehatan mengenai kehamilan kepada ibu hamil untuk mencegah terjadinya kecemasan.
Kata kunci : Kecemasan, Ibu Hamil, Kehamilan Pertama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:33
Last Modified: 06 Nov 2023 02:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item View Item