Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN, NET PROFIT MARGIN, RETURN ON INVESTMENT TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Rachmawan, Kismardha Raffi (2023) PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN, NET PROFIT MARGIN, RETURN ON INVESTMENT TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover_Kismardha.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text
Bab1_Kismardha.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text
Dapus_Kismardha.pdf - Published Version

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Investment secara parsial dan simultan terhadap Harga Saham pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Total populasi sebanyak 35 perusahaan dan perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel diperoleh 13 perusahaan. Periode pengamatan dalam peneltian ini selama 5 tahun dari 2018-2022. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengolahan serta pengujian data dalam penelitian ini menggunakan software Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 26. Teori menggunakan teori sinyal karena memiliki keterkaitan yang erat dengan analisis rasio keuangan, di mana analisis ini membantu memahami laporan keuangan dengan lebih mudah, dan menjadi alat bagi para investor dalam pengambilan keputusan. Harga Saham adalah harga yang ditetapkan kepada suatu perusahaan bagi pihak lain yang ingin memiliki hak kepemilikan saham. Nilai harga saham selalu berubah-ubah setiap waktu. Besaran nilai harga saham dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran yang terjadi antara penjual dan pembeli saham. Harga saham menentukan kekayaan pemegang saham sehingga informasinya menjadi penting bagi para investor dalam pasar modal. Harga saham yang baik dapat menentukan nilai dari perusahaan tersebut, apabila perusahaan memiliki kinerja yang optimal maka perusahaan akan mendapat perhatian investor yang akan menanamkan modalnya. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Secara parsial Gross Profit Margin berpengaruh negatif terhadap Harga Saham, Net Profit Margin berpengaruh positif terhadap Harga Saham, dan Return On Investment berpengaruh negatif terhadap Harga Saham. Secara simultan Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Investment berpengaruh terhadap Harga Saham.
Kata kunci: Kinerja Keuangan, Profitabilitas, Harga Saham, Bursa Efek Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Profitabilitas, Harga Saham, Bursa Efek Indonesia
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:10
Last Modified: 02 Nov 2023 08:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17672

Actions (login required)

View Item View Item