Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SOSIALISASI, KUALITAS SISTEM APLIKASI, PENGETAHUAN APLIKASI, DAN PENGGUNAAN APLIKASI E-SAMSAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI KOTA BEKASI)

Wilander, Jordy (2023) PENGARUH SOSIALISASI, KUALITAS SISTEM APLIKASI, PENGETAHUAN APLIKASI, DAN PENGGUNAAN APLIKASI E-SAMSAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI KOTA BEKASI). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover_Jordy.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text
Bab1_Jordy.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
Dapus_Jordy.pdf - Published Version

Download (205kB)

Abstract

Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu pajak daerah yang dikelola oleh provinsi. Penelitian ini dilakukan studi kasus di Kota Bekasi karena penerimaan pendapatan khususnya pada pajak kendaraan bermotor dan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor memiliki peningkatan yang signifikan khususnya di tahun 2018-2022. Pemerintah melakukan sebuah inovasi berupa sebuah aplikasi online bernama “E-SAMSAT” yang bertujuan untuk menekan angka wajib pajak yang tidak mematuhi kewajiban kendaraan bermotornya dan mempermudah wajib pajak melakukan kewajibannya tanpa perlu datang ke Kantor SAMSAT. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sosialisasi, kualitas sistem aplikasi, pengetahuan aplikasi terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang dimediasi oleh penggunaan aplikasi E-Samsat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kota Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dan jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 99 sampel dengan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan e-survey dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier dan PROCESS by Hayes dengan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sosialisasi, kualitas sistem aplikasi, pengetahuan aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang dimediasi oleh penggunaan aplikasi E-Samsat.
Kata kunci : Sosialisasi, Kualitas Sistem Aplikasi, Pengetahuan Aplikasi, Penggunaan Aplikasi E-Samsat, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Kualitas Sistem Aplikasi, Pengetahuan Aplikasi, Penggunaan Aplikasi E-Samsat, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:58
Last Modified: 02 Nov 2023 07:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item