Search for collections on Undip Repository

PERLAWANAN PIHAK KETIGA (DERDEN VERZET) TERHADAP LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN DI PENGADILAN NEGERI PURWOKERTO. _042 Acara 2023

Fadhilah, Novia Mutiara Nur and Marjo, Marjo and Putrijanti, Aju (2023) PERLAWANAN PIHAK KETIGA (DERDEN VERZET) TERHADAP LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN DI PENGADILAN NEGERI PURWOKERTO. _042 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lelang eksekusi hak tanggungan adalah proses hukum yang melibatkan lembaga lelang untuk melakukan penjualan umum atas properti yang dijaminkan untuk pelunasan piutang kreditur apabila debitur wanprestasi. Dalam situasi ini, pihak ketiga yang memiliki kepentingan dalam properti yang akan dijual memiliki hak untuk mengajukan perlawanan yaitu derdenverzet, yang merupakan upaya hukum untuk melindungi kepentingan mereka.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengajuan dan pemeriksaan perlawanan pihak ketiga (derdenverzet) terhadap lelang eksekusi hak tanggungan di Pengadilan Negeri Purwokerto, mengetahui bagaimana cara hakim menentukan pelawan sebagai pelawan yang beritikad baik, serta mengetahuan faktor yang menghambat proses penyelesaian perkara perlawanan pihak ketiga terhadap lelang eksekusi hak tanggungan di Pengadilan Negeri Purwokerto.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis untuk dapat memperoleh petunjuk serta hasil terhadap masalah yang telah dirumuskan sebelum dengan cara menggali informasi dan data melalui riset lapangan dalam bentuk wawancara.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa prosedur pengajuan dan pemeriksaan perkara perlawanan pihak ketiga (derdenverzet) terhadap lelang ekseku si hak tanggungan tidaklah berbeda dengan prosedur pengajuan dan pemeriksaan gugatan pada umumnya. Hakim dalam menentukan pelawan yang beritikad baik adalah dengan mempertimbangkan apakah pelawan mampu membuktikan dalil-dalil perlawanannya. Dalam pelaksanaannya ditemukan faktor yang menghambat penyelesaian perkara perlawanan pihak ketiga terhadap lelang eksekusi hak tanggungan yaitu ketidakhadiran para pihak, mediasi yang tidak maksimal dan pembuktian yang sulit.
Kata kunci: Derden Verzet, Lelang Eksekusi, Hak Tanggungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:55
Last Modified: 02 Nov 2023 04:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17646

Actions (login required)

View Item View Item