Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN TERHADAP GUGATAN DARI PIHAK DEBITUR (Studi Putusan Pengadilan Negeri Semarang No. 451/Pdt.G/2019/PN.Smg)._120 Perdata 2023

Prabamantya, Arrol Vastie and Dewi, I Gusti Ayu Gangga Santi and Ardani, Mira Novana (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN TERHADAP GUGATAN DARI PIHAK DEBITUR (Studi Putusan Pengadilan Negeri Semarang No. 451/Pdt.G/2019/PN.Smg)._120 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perlindungan hukum adalah perlindungan yang diberikan oleh hukum untuk melindungi kepentingan yang perlu untuk dilindungi dalam sebuah hak hukumnya. Perlindungan hukum bagi pemenang lelang eksekusi hak tanggungan berfungsi untuk melindungi hak-hak pemenang lelang atas terjadinya jual beli melalui lelang. Terhadap pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan akan terjadi penyerahan objek lelang yang menyebabkan terjadinya peralihan hak dari pihak penjual kepada pemenang lelang. Atas terjadinya peralihan hak tersebut kerap kali timbul berbagai permasalahan seperti adanya gugatan dari pihak debitor maupun pihak lain yang berkepentingan terhadap objek lelang tersebut. Adanya gugatan tersebut dapat mengancam hilangnya hak-hak dari pemenang lelang jika dibuktikan dalam persidangan lelang tersebut merupakan perbuatan melawan hukum.
Tujuan penulisan hukum ini dilakukan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum pemenang lelang eksekusi hak tanggungan terhadap adanya gugatan dari debitor serta pertimbangan hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor 451/Pdt.G/2019/PN Smg. Penulisan hukum ini menggunakan metode yuridis normatif, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, jenis data yang digunakan adalah data sekunder, metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan wawancara, dan metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif.
Hasil penelitian dari penulisan hukum ini adalah bentuk perlindungan hukum bagi pemenang lelang ksekusi hak tanggungan atas adanya gugatan dari debitor berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor 451/Pdt.G/2019/PN Smg yang terdapat dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung Nomor 1068K/Pdt/2008, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, dan Pasal 1496 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, serta pertimbangan hakim tepat dan sesuai berdasarkan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku terhadap Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor 451/Pdt.G/2019/PN Smg.

Kata Kunci:Perlindungan Hukum, Lelang Eksekusi Hak Tanggungan, Pertimbangan hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:23
Last Modified: 02 Nov 2023 01:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17592

Actions (login required)

View Item View Item