Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN GANTI KERUGIAN PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI KABUPATEN BATANG ( Studi Pada Proyek PLTU Kabupaten Batang )._071 Perdata 2023

Prihantono, Khansa Bagas and Dewi, IGA.Gangga Santi and Triyono, Triyono (2023) PELAKSANAAN GANTI KERUGIAN PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI KABUPATEN BATANG ( Studi Pada Proyek PLTU Kabupaten Batang )._071 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengadaan tanah merupakan kegiatan menyediakan tanah dengan cara ganti kerugian yang layak dan adil kepada pihak yang berhak. Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Kabupaten Batang mendorong warga untuk melepaskan hak atas tanahnya dengan kesepakatan dari pihak pemilik tanah dengan pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses ganti kerugian pengadaan tanah untuk kepentingan umum Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Kabupaten Batang sudah sesuai dengan Undang – Undang 2 Tahun 2012. Serta menganalisis kendala yang dihadapi dalam proses ganti kerugian dalam pembangunan PLTU Batang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris dimana suatu penelitian dilihat dari sudut pandang ilmu hukum dan peraturan tertulis sebagai data sekunder. Namun melihat juga hubungan dan pengaruh hukum sebagai alat untuk mengatur masyarakat dengan melakukan penelitian langsung terhadap objek penelitian, dimana data primer tempat memperoleh data sebagai sumber pertama sehubungan dengan ganti kerugian dalam proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses ganti kerugian pengadaan tanah di kabupaten Batang sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pembangunan pada proyek PLTU Batang terdapat kendala dalam pemberian ganti kerugian yang terdapat kendala berupa pemberian ganti kerugian yang belum sepenuhnya dapat di berikan kepada pihak yang bersangkutan, sehingga perlu diadakan upaya untuk mengatasinya berupa pembinaan terhadap warga serta masifnya penyuluhan bagi masyarakat yang terdampak pada ganti kerugian.
Kata Kunci: Ganti kerugian, Pengadaan Tanah, PLTU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:22
Last Modified: 02 Nov 2023 01:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item