Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PENJAMINAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus Di Koperasi Simpan Pinjam Manunggal Jaya Kabupaten Grobogan)._073 Perdata 2023

WIDIARTO, DEWI CYNTHIA MAHARANI and Dewi, I Gusti Ayu Gangga Santi and Ardani, Mira Novana (2023) IMPLEMENTASI PENJAMINAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus Di Koperasi Simpan Pinjam Manunggal Jaya Kabupaten Grobogan)._073 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan layanan HT-el di Koperasi Simpan Pinjam Manunggal Jaya Kabupaten Grobogan dimulai pada bulanJanuari tahun 2021 dengan secara bertahap menyesuaikan ketentuan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2020. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional harus menjamin bahwa implementasi kebijakan HT-el telah memenuhi standar prosedur dan mekanisme yang diatur dalam ketentuan yang berlaku.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penjaminan Hak Tanggungan secara elektronik dan kendala dalam penjaminan Hak Tanggungan secara elektronik juga solusi dalam mengatasi kendala pada penjaminan Hak Tanggungan secara elektronik di Kabupaten Grobogan.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskripti fanalitis. Subyek penelitian yang menjadi sumber data adalah mereka yang melaksanakan penjaminan hak tanggungan secara elektronik. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik untuk menganalisis informasi yang sudah dikumpul yaitu dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian dalam pelaksanaan penjaminan HT-el di KSP Manunggal Jaya Kabupaten Grobogan yaitu adanya perjanjian kredit dengan penjaminan haktanggungan dengan sistem elektronik telah sesuai dengan ketentuan PMATR/BPN Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik. Kendala dalam penjaminan HT-el pada KSP Manunggal Jaya, Pejabat Pembuat Akta Tanah, dan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Grobogan adalah sistem pada mitra HT-el sering tidak terhubung ke dalam server. Solusi dalam mengatasi kendala pada penjaminan HT-el pada pihak KSP Manunggal Jaya, Pejabat PembuatAkta Tanah, dan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Grobogan adalah dengan melaporkan perihal gangguan server kepada Pusat Data Informasi Kementerian ATR/BPN untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan sistem HT-el.
Kata Kunci: Implementasi, Penjaminan, Hak Tanggungan Elektronik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:21
Last Modified: 02 Nov 2023 01:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17572

Actions (login required)

View Item View Item