Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ATAP KOMBINASI TRANSPARAN TERHADAP KINERJA TERMAL GEDUNG PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KOTA SALATIGA

Ruliyanto, Ruliyanto (2023) PENGARUH ATAP KOMBINASI TRANSPARAN TERHADAP KINERJA TERMAL GEDUNG PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KOTA SALATIGA. Masters thesis, Undip.

[img] Text
COVER & HAL DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (341kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB 6.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Persipda) Kota Salatiga merupakan bangunan tiga lantai dengan tampilan arsitektural menggunakan atap Kombinasi transparan pada puncak atapnya. Hal ini dimaksudkan untuk memasukkan sinar matahari sebagai penerangan alami pada siang hari, sehingga konsumsi energi buatan dapat dikurangi. Konsep pemanfaatan penerangan alami dengan cara membuat atap Kombinasi transparan dirasakan memberikan dampak ketidak nyamanan termal ruangan menjadi panas, membuat sebagian koleksi buku dan dokumen mengalami kerusakan.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengkaji pengaruh atap kombinasi transparan terhadap kinerja termalnya,(2) melakukan kajian terhadap variabel-variabel pada atap yang mempengaruhi kinerja termal, (3) memberikan saran dan usulan desain alternatif untuk pengoptimalan kinerja termal atap Kombinasi transparan.
Metode penelitian menggunakan metode diskriptip kuantitatif, dengan cara melakukan pengukuran Temperatur ˚C dan Kelembapan % pada area eksterior dan interior lantai 02 gedung Persipda kota Salatiga.
Dari hasil penelitian ini atap Kombinasi transparan berpengaruh terhadap kinerja termal menjadi lebih hangat dengan penurunan rata – rata aspek suhu sebesar 5,11 % dari eksterior dan penurunan rata – rata aspek kelembaban sebesar 9,31 % lebih kering dari kelembaban eksterior. variabel–variabel atap yang berpengaruh terhadap penurunan kinerja termal tersebut adalah material atap Kombinasi transparan, bukaan ventilasi bawah/jendela boven, orientasi atap Kombinasi transparan, dimensi/luasan atap Kombinasi transparan dan ventilasi atas/loteng dan plafond. Solusi untuk meningkatkan kinerja termal dengan memberi lapisan insulasi polimer pada material atap transparan, membuat boven krepyak, menutup atap transparan orientasi timur dan barat ini berarti juga mengurangi luasan atap ondulinenya, dan membuat ventilasi atas pada loteng dan bukaan ventilasi pada plafond tritisan.
Kata Kunci : Kinerja Termal, Atap Kombinasi Transparan, Temperatur, Kelembapan, Persipda Salatiga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Architecture
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:41
Last Modified: 31 Oct 2023 03:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17565

Actions (login required)

View Item View Item