AZZAHRA, Muthia (2023) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DAN KEAMANAN TRANSAKSI NON TUNAI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA BSI MOBILE (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S__Cover__12020219130051.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S__Abstrak_(Inggris)__12020219130051.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S__Abstrak_(Indonesia)__12020219130051.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S__Daftar_Isi__12020219130051.pdf - Published Version Download (718kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S__Daftar_Pustaka__12020219130051.pdf - Published Version Download (550kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S__Fulltext_PDF_Bookmarks__12020219130051.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Teknologi di era digital telah mengalami perkembangan hampir di seluruh
aspek kehidupan mulai dari transportasi, belanja, berdonasi, pariwisata, dan
aktivitas ekonomi lainnya yang dapat dilakukan secara digital. Perkembangan
teknologi digital tersebut membawa perubahan terhadap gaya hidup masyarakat
dimana hampir setiap orang memiliki gadget dan internet membuat kehidupan
sehari-hari masyarakat menjadi lebih mudah. Bank Indonesia meluncurkan Quick
Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai bentuk perkembangan sistem
pembayaran. QRIS merupakan persatuan berbagai jenis QR dari berbagai
penyelenggara jasa sistem pembayaran yang bertujuan untuk mempermudah proses
transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menpengaruhi
keputusan penggunaan konsumen untuk menggunakan QRIS di BSI Mobile.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer sebagai
sumber datanya. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan software Smart
PLS dengan pendekatan analisis Partial Least Square-Structural Equation
Modeling (PLS) yang dapat menunjukkan hubungan berbagai variabel dan mampu
menganalisis faktor dan analisis regresi dalam sekali pengujian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan,
persepsi kemanfaatan, persepsi risiko, kepuasan nasabah, dan keamanan transaksi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan BSI Mobile.
Meskipun nasabah sudah merasa puas dengan layanan yang ditawarkan BSI, tetapi
bank tetap harus meningkatkan lagi kualitas keamanannya untuk menjaga
kepercayaan nasabah dan demi keberlangsungan bank kedepannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QRIS, BSI Mobile, Keputusan Penggunaan |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Islamic Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 03:10 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 03:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17556 |
Actions (login required)
View Item |