Search for collections on Undip Repository

HALAMAN PENGESAHAN PENGADAAN TANAH DAN PERLINDUNGAN PENDUDUK DALAM PEMBANGUNAN IBUKOTA NUSANTARA (Studi Kasus Pengadaan Tanah Di Desa Bumi Harapan Dan Desa Bukit Raya Kabupaten Penajam Paser Utara).-081 Perdata 2023

Baswedan, Rizal Anis and Adhim, Nur and Prasetyo, Agung Basuki (2023) HALAMAN PENGESAHAN PENGADAAN TANAH DAN PERLINDUNGAN PENDUDUK DALAM PEMBANGUNAN IBUKOTA NUSANTARA (Studi Kasus Pengadaan Tanah Di Desa Bumi Harapan Dan Desa Bukit Raya Kabupaten Penajam Paser Utara).-081 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dasar dari adanya pemindahan ibu kota negara ini adalah Jakarta yang dianggap sudah tidak mampu lagi menanggung beratnya beban ekologis sebagai ibu kota. Persoalan ekologis yang terjadi setiap tahunnya terjadi di Jakarta seperti banjir, polusi udara, dan kemacetan sangat berdampak pada produktivitas pemerintahan. Selain itu, Jakarta juga diangap memiliki sejumlah masalah ekologis yang akut seperti menurunnya cadangan air baku, semakin rendahnya permukaan air tanah, dan adanya ancaman bencana alam berupa gempa bumi. Dari sisi pertimbangan ekonomi, pemindahan IbuKota Nusantara juga merupakan upaya pemerintah untuk mempersempit kesenjangan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Jawa dan luar Pulau Jawa, atau Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur pemerintahan. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris. Adapun mekanisme pengadaan tanah yang digunakan adalah pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, yang pelaksanaannya dapat melalui hibah, jual-beli, atau cara lain yang disepakati. Sejauh ini perlindungan yang diberikan pemerintah terhadap tanah milik warga masyarakat yang terdampak yaitu melalui proses penggantian kerugian, ganti kerugian yang diberikan pemerintah berupa uang saja dan belum ada selain uang. Pemerintah juga menerapkan kebijakan land freezing di Kawasan IbuKota Nusantara untuk mengontrol keberjalanan pembangunan dan untuk mencegah potensi terjadinya spekulan tanah. Mekanisme pengadaan tanah dalam pembangunan IbuKota Nusantara ini dilakukan dengan cara jual beli antara pemerintah dengan masyarakat terdampak. Perlindungan yang dilakukan oleh pemerintah dapat dilihat dari adanya ganti kerugian kepada masyarakat terdampak yang berupa penggantian uang, yang masyarakat dapat katakan sebagai ganti untung karena harganya bisa beberapa kali lipat dari harga yang sebelumnya mereka beli.
Kata Kunci :IbuKota Nusantara, Pengadaan Tanah, Land Freezing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:04
Last Modified: 02 Nov 2023 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item