Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERSEPSI GAYA HIDUP, STATUS SOSIAL, KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN KEBUTUHAN AKAN KEUNIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LUXURY BRAND PADA GENERASI Z (STUDI PADA PRODUK FASHION MEWAH)

ROZIQIN, Abdur Rozzaq Husnur (2023) PENGARUH PERSEPSI GAYA HIDUP, STATUS SOSIAL, KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN KEBUTUHAN AKAN KEUNIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LUXURY BRAND PADA GENERASI Z (STUDI PADA PRODUK FASHION MEWAH). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130241.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130241.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130241.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130241.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130241.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130241.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan produk fashion mewah yang semakin pesat dan meluas
berdampak pada munculnya tren penggunaan produk fashion mewah sehingga
meningkatkan daya tarik serta keputusan pembelian konsumen. Konsumen
memanfaatkan nilai dari produk fashion mewah untuk mendapatkan berbagai
legitimasi yang ada atas penggunaan produk fashion mewah tersebut. Meskipun
demikian, produk fashion mewah dianggap sebagai produk yang mahal untuk
dijangkau oleh konsumen secara umum sehingga produk fashion mewah hanya dapat
dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk
menguji pengaruh persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi
kualitas, dan kebutuhan akan keunikan terhadap keputusan pembelian konsumen
luxury brand pada Generasi Z (studi kasus pada produk fashion mewah).
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner online yaitu menggunakan
teknik non-probability sampling dengan desain accidental sampling terhadap 100
orang responden Generasi Z konsumen produk fashion mewah di Kota Semarang.
Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien
determinasi, uji statistik F dan T serta analisis regresi linier berganda menggunakan
software IBM SPSS Statistic 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi gaya hidup, status sosial,
kesadaran merek, persepsi kualitas, dan kebutuhan akan keunikan terbukti
memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion mewah
pada konsumen Generasi Z di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini
diharapkan perusahaan atau produsen produk fashion mewah dapat memfokuskan
aktivitas bisnis mereka untuk meningkatkan nilai internalnya melalui persepsi
konsumen atas kualitas produk yang diharapkan dan kesadaran merek yang diciptakan
serta pada sisi eksternalnya melalui pemuas atau pemenuhan kebutuhan dan keinginan
konsumen dalam hal gaya hidup, status sosial dan kebutuhan akan keunikan yang bisa
diperoleh dari mengkonsumsi produk fashion mewah tersebut sehingga dapat
mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi kualitas, kebutuhan akan keunikan, keputusan pembelian
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:38
Last Modified: 30 Oct 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17524

Actions (login required)

View Item View Item