Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN HUKUM PERJANJIAN PENGUSAHAAN TANAH ULAYAT OLEH PERUSAHAAN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 18 TAHUN 2021.-087 Perdata 2023

ADRIANSA, JAYA LESMANA and Turisno, Bambang Eko and Dewi, IGA Gangga Santi (2023) TINJAUAN HUKUM PERJANJIAN PENGUSAHAAN TANAH ULAYAT OLEH PERUSAHAAN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 18 TAHUN 2021.-087 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2021 menjadi pembaharuan dalam pengusahaan tanah masyarakat adat bagi usaha perusahaan. Namun, kehadiran peraturan pemerintah tersebut menimbulkan permasalahan, karena dalam hukum tanah nasional tidak diatur bahwa hak guna usaha perusahaan dapat diusahakan diatas tanah hak pengelolaan karena tidak diaturnya tanah ulayat masyarakat hukum adat menjadi hak pengelolaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses perjanjian pengusahaan tanah ulayat oleh perusahaan dan status tanah ulayat apabila perjanjian antara perusahaan dan masyarakat hukum adat terkait pengusahaan tanah ulayat telah berakhir.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, yaitu sumber data yang digunakan adalah data sekunder, diperoleh dari dokumen resmi, buku-buku, laporan tertulis lainnya, serta kamus dan ensiklopedia. Data penelitian akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini, bahwa proses perjanjian pengusahaan tanah diawali dengan perjanjian terkait kompensasi, jangka waktu usaha tanah yang akan digunakan usaha perusahaan kemudian pengajuan permohonan ke Kantor Pertanahan setempat terkait Hak Pengelolaan oleh Masyarakat hukum adat dan Hak guna usaha oleh Perusahaan, sedangkan status tanah ulayat setelah jangka waktu perjanjian berakhir maka tanah hak pengelolaan yang diatasnya berlaku hak guna usaha perusahaan akan kembali menjadi tanah ulayat masyarakat hukum adat kembali.
Kata Kunci : Perjanjian Usaha, Tanah Ulayat, Hak Pengelolaan, Hak Guna Usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:17
Last Modified: 02 Nov 2023 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17516

Actions (login required)

View Item View Item