Search for collections on Undip Repository

KEADILAN BERKONTRAK PADA PERJANJIAN BAKU E-COMMERCEDALAM PERSPEKTIF ASAS KESEIMBANGAN (STUDI KASUS ATURAN PENGGUNAAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI BUKALAPAK TERHADAP KONSUMEN). -058 Perdata 2023

Abdurrahman, Abdurrahman and Badriyah, Siti Malikhatun and Prananda, RahandyRizky (2023) KEADILAN BERKONTRAK PADA PERJANJIAN BAKU E-COMMERCEDALAM PERSPEKTIF ASAS KESEIMBANGAN (STUDI KASUS ATURAN PENGGUNAAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI BUKALAPAK TERHADAP KONSUMEN). -058 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perjanjianbakuadalahperjanjian yang isinyadibuat dan dibakukansecarakeseluruhan oleh salah satu pihak tanpa adanya negosiasi dengan pihak lain. Dengan hilangnya negosaisi dan dibakukannya perjanjian, asas keseimbangan tidak dapat tercermin sehingga keadilan berkontrak tidak dapat tercapai. Penggunaan perjanjian baku umumnya digunakan oleh pelaku usaha dikarenakan efisiensi dan efektifitasnya, khususnya bisnis yang berbasisE-Commerce seperti Bukalapak. Dari permasalahan tersebut, penulis berniat untuk meninjau dan menyoroti perjanjian milik Bukalapak untuk mengetahui parameter keseimbangan pihak-pihaknya, serta bagaimana bentuk perlindungan hukum yang dapat diupayakan apabila konsumen mengalami kerugian akibat dari perjanjian tersebut.
Dalam penelitian ini digunakan metode yuridis-normatif dengan menggunakan data hukum primer, data hukum sekunder, dan data hukum tersier. Penelitian ini menggunakan pendeketan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual, serta pendekatan kasus guna membangun argumentasi yang relevan pada penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perjanjian milik Bukalapak masih terdapat beberapa klausula yang tidak mencerminkan asas keseimbangan dan terdapat indikasi ketidak adilan dalam bentuk pembatasan hak konsumen dan pembebasan tanggungjawab Bukalapak. Kemudian diketahui Indonesia memiliki beberapa instrumen yang dapat diketahui sebagai bentuk perlindungan hukum konsumen seperti KUHPerdata, UU Perlindungan Konsumen, UU Informasi dan Transaksi Elektronik, UU Pelindungan Data Pribadi, dan PP Penyelenggaraan Sistem Elektronik. Namun pada realitanya, masih terdapat konsumen yang masih belum memanfaatkan perlindungan hukum tersebut.
Sehingga, menurut penulis Bukalapak perlu menyesuaikan dan memperhitungkankedudukan dan kepentingan konsumen serta perlu adanya inovasi dari lembaga yang bergerak dalam perlindungan hukum konsumen untuk memantau perjanjian baku pelaku usaha untuk memitigasi kerugian konsumen.
Kata kunci: Keadilan berkontrak, Perjanjian baku, E-Commerce, Asaskeseimbangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:18
Last Modified: 02 Nov 2023 02:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17505

Actions (login required)

View Item View Item