Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN HUKUM GANTI KERUGIAN YANG LAYAK DAN ADIL DALAM PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK PELEBARAN JALAN KARANG ANYAR – GANG KURNIA DI KOTA LANGSA (StudiKasusPutusanPengadilan Negeri LangsaNomor: 1/Pdt.G/2022/PN Lgs)_064 Perdata 2023

Simbolon, Marusaha and Dewi, IGA. Gangga Santi and Sukirno, Sukirno (2023) TINJAUAN HUKUM GANTI KERUGIAN YANG LAYAK DAN ADIL DALAM PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK PELEBARAN JALAN KARANG ANYAR – GANG KURNIA DI KOTA LANGSA (StudiKasusPutusanPengadilan Negeri LangsaNomor: 1/Pdt.G/2022/PN Lgs)_064 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk kepentingan Umum berikut peraturan pelaksananya, telah menetapkan ganti kerugian adalah penggantian yang layak dan adil kepada pihak yang berhak dalam proses pengadaan tanah. Pemberian ganti kerugian dilakukan dengan menyelesaikan setiap tahapan-tahapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, yakni Inventarisasi dan Identifikasi, Penetapan Penilaian, Musyawarah Penetapan Bentuk Ganti kerugian, pemberian ganti kerugian dan pelepasan hak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberian ganti kerugian apakah sudah layak dan adil bagi pihak yang berhak dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam memutus sengketa pertanahan di pengadilan nomor: 1/Pdt.G/2022/PN Lgs. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach). sedangkan spefikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan dan data sekunder diperoleh melalui studi Pustaka terhadap buku-buku, referensi atau sumber bacaan buku lainnya. data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) proses pemberian ganti kerugian pengadaan tanah pelebaran Jalan Karang Anyar – Gang Kurnia di Kota Langsa sudah layak dan adil serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan; (2)Pertimbangan Hakim dalam putusannya mengedepankan asas-asas pengadaan tanah diantaranya asas Kemanusiaan, Keadilan dan Kemanfaatan. Proyek Pelebaran jalan Karang Anyar-Gang Kurnia di Kota Langsa sangat berdam pakpositif bagi masyarakat, karena jalan umum akan mempermudah akses masyarakat khususnya didaerah Kota Langsa.

Kata Kunci: ganti kerugian, layak adil, pengadaan tanah, tinjauan hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ganti kerugian, layak adil, pengadaan tanah, tinjauan hukum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:23
Last Modified: 30 Oct 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17494

Actions (login required)

View Item View Item