Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA REELS INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN PLN MOBILE PLN UNIT LAYANAN PELANGGAN SEMARANG BARAT

ADITYA, RIZKY (2023) PRODUKSI VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA REELS INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN PLN MOBILE PLN UNIT LAYANAN PELANGGAN SEMARANG BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
cover_RIZKY ADITYA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Setiap Perusahaan memiliki strategi untuk memasarkan suatu produk yang
dihasilkan. PLN Unit Layanan Pelanggan Semarang Barat memiliki Aplikasi yang
disebut dengan PLN Mobile dimana aplikasi tersebut memudahkan pelanggannya
dalam urusan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pra riset, masalah
yang ditemukan yaitu angka pengguna PLN Mobile masih harus ditingkatkan
melalui komunikasi pemasaran Public Relations. Terdapat berbagai cara kegiatan
pemasaran, salah satunya melalui video iklan layanan masyarakat. Dimana video
ILM itu sendiri merupakan salah satu tools atau alat yang digunakan sebagai media
promosi yang di dalamnya memiliki pesan yang dikemas melalui konsep atau alur
cerita. Projek tugas akhir ini melewati proses pra produksi, produksi dan pasca
produksi perencangan video iklan layanan masyarakat, dimana pada ketiga proses
tersebut dilakukannya perancangan konsep pembuatan video ILM, agar video ILM
yang dihasilkan informatif dan bermanfaat untuk masyarakat. Pengambilan konsep
video ILM yaitu dengan menuangkan fitur-fitur yang ada pada PLN Mobile
sehingga dapat menunjukan kemudahan dari aplikasi PLN Mobile. Pada tahap pra
produksi penulis melakukan riset data mengenai pengguna PLN Mobile pada bulan
April 2023. Pada tahap produksi atau pelaksanaan penulis membuat video
mengenai informasi penggunaan aplikasi PLN Mobile, lalu pada tahap pasca
produksi penulis mengevaluasi mengenai teknik pengambilan video atau gambar
hingga evaluasi data pengguna PLN Mobile pada bulan September 2023. Terdapat
pesan komunikasi di dalam proses pemasaran melalui logo PLN Mobile yang
terdapat pada bagian akhir video sebagai bentuk pemasaran PLN Mobile. Hasil
video ILM juga melalui tahap engagement pelanggan PLN melalui insight yang ada
pada video ILM yang telah diunggah pada sosial media Instagram PLN ULP.
Dalam review tersebut secara garis besar klien dan pelanggan sangat mengapresiasi
dan mendapatkan informasi mengenai PLN Mobile melalui video ILM tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa video iklan layanan masyarakat merupakan
langkah yang tepat untuk melakukan pemasaran PLN Mobile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Produksi Video, Video Iklan Layanan Masyarakat, Komunikasi Pemasaran, PLN Mobile.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:37
Last Modified: 24 Oct 2023 03:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item