Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMASARAN PRODUK ASURANSI YANG DIKAITKAN DENGAN INVESTASI (PAYDI) SECARA DIGITAL OLEH AGEN ASURANSI (Studi pada Produk Smartlink PT Asuransi Allianz Life Indonesia)_170 Dagang 2023

HOLLY YUBELLE, EUPHRASIA MARIA DE ANGEL and Prananingtyas, Paramita and Saptono, Hendro (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMASARAN PRODUK ASURANSI YANG DIKAITKAN DENGAN INVESTASI (PAYDI) SECARA DIGITAL OLEH AGEN ASURANSI (Studi pada Produk Smartlink PT Asuransi Allianz Life Indonesia)_170 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI) merupakan asuransi jiwa modern dengan manfaat proteksi sekaligus potensi nilai investasi. Pemasaran PAYDI dapat dilakukan secara langsung maupun digital yang wajib diikuti dengan tindak lanjut pertemuan langsung tatap muka. Bersamaan dengan pandemi COVID-19, OJK memberi relaksasi pemasaran PAYDI di Indonesia yang masih berlaku hingga penulisan penelitian ini, yakni tindak lanjut pertemuan langsung tatap muka dapat dilakukan melalui sarana digital atau media elektronik. Smartlink sebagai PAYDI dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia merupakan salah satu produk asuransi ternama yang dipasarkan secara digital oleh para agen asuransinya. Tujuan dari penelitian ini adalah meninjau kesesuaian pelaksanaan pemasaran Smartlink secara digital oleh agen asuransi dengan peraturan perundang- undangan PAYDI; dan memahami tanggung jawab hukum agen asuransi yang memasarkan produk Smartlink.
Metode pendekatan yang dipakai yakni metode normatif-empiris, yaitu mengkaji implementasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan PAYDI dalam pemasaran Smartlink oleh agen Allianz secara digital. Penelitian hukum ini bersifat deskriptif analitis, yaitu analisis pokok permasalahan dari kacamata hukum guna mencapai tujuan. Hasil penelitian mencapai kesimpulan bahwa pelaksanaan pemasaran Smartlink secara digital oleh agen Allianz telah sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku, khususnya SEOJK PAYDI. Terdapat celah mengenai kurang tegasnya pengaturan mengenai penyimpanan dokumentasi proses pemasaran PAYDI secara digital, namun hal tersebut disikapi Allianz melalui kanal distribusi Allianz Star Network dengan cara menghimbau para agen untuk tetap taat hukum dan peraturan yang berlaku. Dalam pelaksanaannya, agen asuransi bertanggung jawab kepada pemerintah untuk menaati peraturan perundang- undangan serta menaati kode etik dari AAJI, terhadap PT Allianz Life Indonesia agen asuransi terikat perjanjian keagenan yang telah disepakati keduanya, dan agen setiap saat bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar serta memberikan seluruh kemampuannya dalam memasarkan produk Smartlink baik secara langsung maupun digital.
Kata Kunci: PAYDI, Agen Asuransi, Pemasaran Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAYDI, Agen Asuransi, Pemasaran Digital
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:31
Last Modified: 26 Oct 2023 03:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item