Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP JUAL BELI MOTOR BEKAS PADA SHOWROOM LANGGENG JAYA MOTOR SEMARANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999_171 Dagang 2023

Tarigan, Wildo Dickvedy and Njatrijani, Rinitami and Irawati, Irawati (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP JUAL BELI MOTOR BEKAS PADA SHOWROOM LANGGENG JAYA MOTOR SEMARANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999_171 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya permintaan sepeda motor bekas membuat beberapa pelaku usaha membuka toko jual beli motor bekas untuk mendapatkan keuntungan. Pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab bisa menjual motor bekas dengan keadaan mesin rusak tanpa sepengetahuan konsumen. Tujuan dilakukan penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kewajiban pelaku usaha dalam melayani konsumen. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan konsumen dalam jual beli motor bekas terhadap kelalaian pelaku usaha berdasarkan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif. Dalam menggunakan metode yuridis normatif ini dilakukan pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Selanjutnya data-data dikumpulkan dan dianalisis dengan metode analisis-kualitatif. Hasil penelitian penulisan hukum ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kewajiban pelaku usaha ditemukan kendala mengenai kewajiban pelaku usaha memberikan informasi yang jelas dan benar. Hal tersebut tidak dapat dibuktikan sehingga perlu tindakan nyata dari pelaku usaha. Mengenai bentuk perlindungan konsumen terhadap kelalaian pelaku usaha perlu diatur sanksi hukum secara tegas supaya pelaku usaha lebih waspada dalam menjalankan usahanya.
Kata Kunci: UU No 8 Tahun 1999, Pelaku Usaha, Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UU No 8 Tahun 1999, Pelaku Usaha, Perlindungan Konsumen.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:31
Last Modified: 26 Oct 2023 03:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item